• Editor

Porsche Perkenalkan Taycan Cross Turismo, Mobil Listrik Off-Road Ringan Serbaguna

Taycan Cross Turismo akan diluncurkan pada musim panas, dengan harga di Jerman mulai dari 93.635 Euro.

OTOPLUS-ONLINE I Lewat Taycan Cross Turismo, Porsche memperluas portofolio produk dari jajaran mobil sport all-electric pertamanya, dengan penambahan varian off-road serbaguna ini. Porsche secara konsisten dan sistematis mewujudkan jalur mobilitas yang berkelanjutan.


Seperti sedan sport Taycan, Taycan Cross Turismo mendapat manfaat dari penggerak listrik inovatif dengan arsitektur 800 volt.


Sasis baru berteknologi tinggi dengan penggerak semua roda dan suspensi udara adaptif juga memastikan dinamika off-road tanpa kompromi.

Headroom penumpang di kursi belakang Cross Turismo 47 milimeter lebih tinggi dan volume bagasi lebih dari 1.200 liter, dengan akses pintu belakang besar membuat Cross Turismo benar-benar serba bisa.

“Pada 2019, kami mengirimkan sinyal kunci dengan debut mobil sport listrik pertama kami (Taycan sedan),” kata Oliver Blume Chairman of the Executive Board of Porsche AG, pada penayangan perdana dunia yang berlangsung di Hyperbowl Studio di Munich Trade Fair Center (4/3) lalu. Taycan Cross Turismo akan diluncurkan pada musim panas. Harga di Jerman mulai dari 93.635 Euro.


Baca juga:


Taycan sedan lantas dikembangkan menjadi varian lebih serbaguna. “Kami melihat diri kami sebagai pelopor mobilitas berkelanjutan: pada tahun 2025, setengah dari semua kendaraan baru yang akan kami kirimkan akan memiliki penggerak listrik, baik yang sepenuhnya listrik atau hibrida plug-in. Pada tahun 2020, satu dari tiga dari seluruh kendaraan yang kami kirimkan di Eropa memiliki powertrain listrik. Masa depan adalah milik mobilitas listrik. Dengan Taycan Cross Turismo, kami mengambil langkah besar lainnya ke arah ini.”


Tampang visual Taycan Cross Turismo mengacu konsep Mission E Cross Turismo yang disajikan di Geneva Motor Show 2018. Siluetnya ditentukan oleh garis atap sporty yang melandai ke belakang yang oleh desainer Porsche disebut "flyline". Elemen desain off-road termasuk trim lengkungan roda, apron bawah depan dan belakang yang unik, serta kusen samping.

Didesain memiliki kemampuan melibas medan off-road ringan, Cross Turismo memiliki flap khusus di sudut bumper depan dan belakang serta ujung kusen. Ini membuat eksterior terlihat tangguh sekaligus memberikan perlindungan dari benturan kerikil atau batu.

Kemampuan melaju di medan off-road didukung sasis berteknologi tinggi dengan penggerak semua roda dan suspensi udara adaptif yang menjadi standar di keempat model. Paket desain off-road opsional meningkatkan ground clearance hingga 30 mm. Ini berarti Cross Turismo juga dapat dikendarai di medan off-road ringan. Porsche menyertakan Gravel Mode sebagai standar untuk meningkatkan kemampuan pengendaraan di jalan yang tidak rata.

Varian Cross Turismo

Empat turunan dari Taycan Cross Turismo telah tersedia, segera saat diluncurkan. Rentang model terdiri dari:

  • Taycan 4 Cross Turismo dengan 280 kW (380 PS/374 dk), daya overboost untuk Launch Control 350 kW (476 PS/469 dk), akselerasi 0-100 km / jam dalam 5,1 detik, kecepatan tertinggi 220 km / jam, jangkauan (WLTP) 389 - 456 km

  • Taycan 4S Cross Turismo dengan 360 kW (490 PS/483 dk), daya overboost dengan Launch Control 420 kW (571 PS/563 dk), akselerasi 0-100 km / jam dalam 4,1 detik, kecepatan tertinggi 240 km / jam, jangkauan (WLTP) 388 - 452 km

  • Taycan Turbo Cross Turismo dengan 460 kW (625 PS/616 dk), daya overboost dengan Launch Control 500 kW (680 PS/671 dk), akselerasi 0-100 km / jam dalam 3,3 detik, kecepatan tertinggi 250 km / jam, jangkauan (WLTP) 395 - 452 km

  • Taycan Turbo S Cross Turismo dengan 460 kW (625 PS/616 dk), daya overboost dengan Launch Control 560 kW (761 PS/750 dk), akselerasi 0-100 km / jam dalam 2,9 detik, kecepatan tertinggi 250 km / jam, jangkauan (WLTP) 388 - 419 km.

Aksesori Sporty: Bike Carrier dan Porsche e-bikes

Khusus untuk Taycan Cross Turismo, Porsche telah mengembangkan carrier belakang yang dapat membawa hingga tiga sepeda. Carrier ini dapat digunakan secara universal untuk berbagai jenis sepeda. Salah satu fitur inovatifnya adalah bahwa pintu belakang dapat dibuka bahkan saat carrier terpasang.


Porsche juga memperkenalkan dua e-bike berkualitas tinggi secara bersamaan, eBike Sport dan eBike Cross. Dengan desain abadi serta teknologi penggerak yang kuat dan berkelanjutan, mereka sangat cocok dengan Taycan Cross Turismo.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche