top of page
  • Gambar penulisEditor

Porsche Taycan Cross Turismo Diuji 998.361 Kilometer Sebelum Launching

"Cross Turismo harus mampu berperforma tinggi di trek balap dan juga harus mampu menangani lumpur dan kerikil (light off-road)..." (Stefan Weckbach - Vice President Model Line).
  • Dites sejauh nyaris 1 juta kilometer sebelum diluncurkan ke pasaran

OTOPLUS-ONLINE I Sebelum global launching pada 4 Maret 2021, Porsche Taycan Cross Turismo saat ini sedang menyelesaikan test drive terakhirnya. Program pengujian Porsche yang ekstensif telah dilakukan di trek balap seperti Nürburgring Nordschleife dan Grand Prix track di Hockenheim (keduanya berlokasi di Jerman) serta di tempat pengujian di seluruh dunia, termasuk di kota Nardò di Italia selatan.

Baca:

Selain itu, Cross Turismo telah diuji di luar jalur di selatan Prancis dan di Pyrenees. Tempat pengujian di Weissach Development Center menawarkan tantangan off-road lebih lanjut di luar Afrika dengan apa yang disebut jalur Safari. Secara total prototipe Porsche Taycan Cross Turismo menempuh jarak pengujian sejauh 998.361 kilometer atau telah mengelilingi dunia hampir 25 kali - diukur pada ekuator.

  • Pengujian global dilakukan selama 6 minggu sejak awal 2021 di 5 negara pasar terbesar Taycan, yaitu, Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, Belanda dan Jerman

  • Untuk mendapatkan perpaduan performa tinggi di trek balap dan kemampuan menaklukkan medan berlumpur dan kerikil Cross Turismo menjalani simulasi tes di "Endurance Testing Ground" di Development Center di Weissach, Jerman. Hasilnya, Cross Tourismo diibaratkan seperti jenis pisau Swiss Army yang multiguna tapi dengan roda hingga 21 inci

  • Pengangkut sepeda belakang baru yang dirancang Porsche juga jalani pengujian dengan trek jalan kasar dan uji dinamika berkendara. Ini menetapkan tolok ukur baru dalam hal penanganan, ergonomi, keamanan dan stabilitas berkendara. Beberapa e-bikes dapat diangkut dengan rel yang lebar

Sejalan dengan test drive terakhir, Taycan Cross Turismo yang disamarkan telah melakukan tur uji coba global dengan perwakilan media sejak awal tahun. Hanya dalam enam minggu, prototipe ini mengunjungi lima pasar terbesar untuk Taycan versi Cross Utility: Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, Belanda, dan Jerman.


Turunan baru ini menampilkan semua kekuatan sedan sport Taycan seperti kinerja unggul dan kemampuan jelajah jarak jauh. Sasis dengan penggerak semua roda dan suspensi udara dapat diatur ketinggiannya. Ada juga ruang kepala yang jauh lebih banyak untuk penumpang di belakang dan kapasitas muat yang besar di bawah tailgate. Paket dan kondisi ruang telah dioptimalkan hingga ke setiap detail. Mock-up, representasi fisik interior, dan model fungsi paket sendiri membutuhkan 650 jam desain, elektronik dan koordinasi, dan 1.500 jam bengkel untuk penyelesaian.

  • Stefan Weckbach, Vice President Model Line

“Saat mengembangkan Cross Turismo, kami tentu saja dapat membangun pengalaman kami dengan sedan sport Taycan. Tantangan terbesar adalah menggabungkan persyaratan sportif dengan kemampuan off-road. Cross Turismo harus mampu berperforma tinggi di trek balap dan juga harus mampu menangani lumpur dan kerikil. Hasilnya mengesankan. Cross Turismo bukanlah kendaraan off-road hardcore, tetapi berspesialisasi dalam jalan beraspal dan tanah," papar Vice President Model Line, Stefan Weckbach.


Di Porsche, mobil listrik harus menjalani program pengujian ketat yang sama dengan mobil sport bermesin bakar. Selain menampilkan kinerja yang unggul, ini selalu mencakup pembuktian kegunaan sehari-hari yang tidak dibatasi dalam semua kondisi iklim.

  • Di Porsche, mobil listrik harus menjalani program pengujian ketat yang sama dengan mobil sport bermesin bakar. Di antaranya menguji kemampuan pengisian daya baterai, atau mengontrol suhu powertrain dan interior di bawah suhu ekstrem

Tugas yang sangat menuntut seperti mengisi daya baterai, atau mengontrol suhu powertrain dan interior di bawah suhu ekstrem, adalah aspek tambahan yang diuji dalam model listrik bertenaga baterai. Sasaran pengembangan lain yang khas untuk Porsche termasuk kinerja trek balap, kemampuan untuk tampil akselerasi berulang berjalan dengan akselerasi penuh, dan kisaran yang sesuai untuk penggunaan sehari-hari.


Pengujian ekstensif juga dilakukan di laboratorium dan rig uji, dan mencakup pengembangan dan validasi desain aerodinamis. Cross Turismo menerobos badai di terowongan angin selama sekitar 325 jam. Selama proses pengembangan, mobil sport Taycan telah menghabiskan 1.500 jam di sana.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche

bottom of page