top of page
  • Gambar penulisEditor

Test Drive 320i M Sport Sedan Premium Ikonik BMW dengan Mesin B48 yang Kencang Tapi Irit BBM

Sanggup mencapai top speed 248 km/jam dengan konsumsi BBM setara MPV atau SUV bermesin 1.500 cc.

Tampilan 320i M Sport tak beda dengan 330i M Sport Pro yang 90 juta lebih mahal.


OTOPLUS-ONLINE I BMW 320i baru diluncurkan Februari 2023 lalu. Bila sebelumnya BMW Indonesia hanya menawarkan dua varian 3 Series yakni Dynamic dan M Sport Pro, di versi Life Cycle Impulse (LCI) dari generasi ketujuh seri 3 dengan kode bodi G20 ini ditawarkan dalam 3 pilihan varian, 320i Sport, 320i M Sport dan 330i M Sport Pro.

Diffuser belakang berpenampang lebar menguatkan kesan sporty dan dinamis.


Dari ketiga varian tersebut, 320i M Sport yang dari price list BMW Astra Surabaya harganya Rp1.190.000.000 (OTR) jadi model yang menawarkan value for money terbaik.

Pelek M Alloy 18 inci double spoke style 848 bi colour jadi standar di 320i M Sport.


Harganya hanya lebih mahal Rp50 juta dari varian 320i Sport namun dengan kelengkapan fitur menyamai 330i M Sport Pro yang harganya Rp90 juta lebih mahal.


Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan model paling ikonik di jajaran produk BMW ini?


Kelebihan

Kokpit Baru

Layar masif BMW Curved Display, beberapa fungsi kontrol dialihkan ke layar tersebut.


Interior BMW Seri 3 terbaru diupdate menyeluruh. Interpretasi baru dari driver oriented khas BMW diwujudkan oleh BMW Curved Display yang modern. Pada layar berukuran masih yang melengkung ini tampilan informasi 12,3 inci di balik kemudi dan layar kontrol dengan diagonal layar 14,9 inci digabungkan menjadi satu unit digital beresolusi tinggi.


Desain kokpit mutakhir ini memiliki digitalisasi progresif yang pada intinya memungkinkan jumlah tombol dan kontrol fisikal dipangkas secara signifikan menjadi kontrol sentuh dan perintah suara.

Tuas transmisi digantikan switch mini ini.


Tuas pemilih untuk transmisi Steptronic delapan percepatan juga memiliki desain baru. Diposisikan di panel kontrol di konsol tengah bersama dengan tombol Start/Stop, iDrive Controller, tombol Driving Experience Control, rem parkir dan fungsi kendaraan lainnya.

Banyak tempat penyimpanan berukuran besar, meningkatkan kepraktisannya.


Penambahan baru lainnya untuk spesifikasi standar termasuk kaca spion yang meredup secara Otomatis (electrochromatic rear view mirror), konsol dan kompartemen penyimpanan tambahan dan Park Distance Control (PDC) dengan sensor di bagian depan dan belakang. Semua model kini juga hadir dengan BMW Live Cockpit Plus termasuk sistem navigasi BMW Maps.


Aura Sporty

M leather steering wheel.


Selain eksterior yang mendapatkan banyak imbuhan part BMW M sehingga membuatnya tampil sporty, aura itu berlanjut saat memasuki kabinnya.

Jok pengemudi dilengkapi setelan untuk menyesuaikan lebar punggung.


Jelas berbeda dibandingkan varian Sport yang tampil basic. Kedua jok depan sudah mengadopsi Sport Seat dengan fitur penyetelan elektrik, memori dan backrest width adjustment untuk jok pengemudi.

Dilapis kombinasi bahan kulit Sensatec dan suede yang menegaskan aura sporty tapi tidak panas ketika diduduki.


Joknya dibalut perpaduan material kulit Sensatec dan Alcantara. Kesan sporty semakin kuat lantaran plafonnya ditutup roof lining warna hitam.


Fitur Berlimpah

Sudah dilengkapi mounting sebagai dudukan roof bar original BMW Accessories yang bisa didapatkan di dealer-dealer BMW Astra.


BMW 320i M Sport dilengkapi berbagai fitur dan teknologi yang mendukung kenyamanan, keamanan dan kesenangan. Fitur yang dimiliki setara dengan varian 330i M Sport Pro yang 90 juta lebih mahal.

Kaca depan double-glazed acoustic glass dan improvement pada sistem insulasi pada pilar A membuat kabin 320i M Sport semakin senyap.


Fitur-fitur kenyamanan seperti Remote Engine Start, 3-Zone Climate Control AC yang fungsinya dapat dioperasikan lewat perintah suara atau sentuhan di layar, Active Cruise Control with Stop&Go function, Ambient light with Various Selectable Light Settings incl. Welcome Light Carpet. Ada juga Parking Assistant incl. park Assistant of Parallel/Lateral Parking, Reversing Assistant, Lateral Parking Aid and Rear-view Camera.

Penumpang di kabin belakang dapat mengatur sendiri sistem AC-nya.


Untuk fitur keamanan varian M Sport dilengkapi dengan Driving Assistant, a Camera and Radar Based Driver Assistance System Consisting of Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Collision Warning and Pedestrian Warning with City Braking Function, Rear Crossing Traffic Warning Anti-dazzle Function.

Improvement juga menjamah pada sistem insulasi di pintu.


Sistem keamanan pasif didukung dengan keberadaan 8 airbag, Dynamic Braking Lights, Safety battery terminal clamp, Attentiveness assistant, Tyre pressure indicator, Dynamic Stability Control (DSC) with extended contents incl. Cornering Brake Control (CBC), Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Brake Control (DBC), Electronic Differential Lock Control (EDLC), Dynamic Traction Control (DTC), dry braking, fading support, pullaway assistant.


Sementara fitur yang mendukung kesenangan berkendara diantaranya 8-Speed Steptronic Sport Transmission with Gearshift Paddles and Launch Control, Adaptive M Suspension, Variable Sport Steering,.


Performa

Berakselerasi 0-100 km/jam dalam 7,4 detik dan top speed 248 km/jam (klaim).


Sektor ini selalu jadi kelebihan BMW khususnya di seri 3. 320i M Sport menggunakan mesin 1.998cc berkode B48B20.


Mesin ini dilengkapi fitur khas BMW Seri 3 yakni sistem pembakaran internal yang sangat efisien dengan manifold buang yang terintegrasi ke dalam kepala silinder ditunjang juga dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang ditingkatkan kemampuannya untuk memberikan keseimbangan yang luar biasa antara kesenangan berkendara dan penghematan bahan bakar.

Mesin B48 terbukti kencang juga hemat BBM.


Dengan output 184 DK/5.000-6.500 rpm dan torsi 300 Nm/1.350-4.600 rpm, mesin ini menyuguhkan karakteristik ultra-sporty dikombinasikan dengan transmisi Steptronic Sport delapan percepatan yang memiliki dinamika perpindahan gigi yang sangat tajam untuk menggerakkan roda belakang.


Di waktu dan kondisi jalan yang aman juga memungkinkan, OTOPLUS-ONLINE sempat membuat spidometer menunjukkan kecepatan 211 km/jam.

Varian M Sport sudah dilengkapi dengan paddle shift.


Hebatnya, mesin seakan tidak kesulitan untuk mencapai kecepatan itu dan masih menyisakan ruang gerak gas throttle. Klaimnya sedan kompak premium ini sanggup mencapai kecepatan maksimal 248 km/jam.


Oh ya, BMW 320i M Sport juga telah memiliki fitur Launch Control. Saat berhenti, tekan dalam pedal rem disusul tekan dalam pedal gas. Begitu indikator Launch Control Actived, lepaskan pedal rem dan wuuusshhh…sedan ini akan melakukan sprint dengan semburan daya ultra-cepat hingga jarak menengah.


Konsumsi BBM

Mesin BMW sudah adaptif dengan bensin berkandungan Ethanol seperti Pertamax Green 95.


Transmisi Steptronic Sport delapan percepatan buatan ZF di 320i M Sport ini cerdas, tak hanya mampu mengakomodir karakter berkendara yang agresif tapi juga sanggup menyuguhkan efisiensi BBM sangat baik.


Pada pemakaian di dalam kota, mesin 1.998 cc berkode B48 sanggup menyuguhkan figur 12,2-12,9 km/liter. Setara dengan MPV atau SUV bermesin 1.500 cc.

Tuas transmisi digantikan switch imut ini.


Hal itu dimungkinkan lantaran torsi maksimum 300 Nm diraih rata mulai 1.350-4.600 rpm dikombinasi dengan transmisi cerdas yang pintar memilih posisi gigi untuk akan menjaga putaran mesin serendah mungkin baik pada penggunaan di jalan-jalan perkotaan maupun jalan antar kota.


Keunggulan efisiensi bahan bakar nampaknya juga disumbang oleh tiga hal. Pertama, coefficient of drag yang hanya 0,23. Kedua, bobot total yang menyusut hingga 55 kilogram dibandingkan generasi sebelumnya (F30) imbas dari penggunaan material high strength steel dan alumunium yang lebih banyak dan ketiga, kehadiran fitur Auto Start-Stop Function.


Adaptive Suspension

Karakter suspensi akan menyesuaikan dengan mode berkendara yang dipilih.


Kombinasi titik gravitasi yang rendah, penggunaan komponen sasis ringan dan aplikasi suspensi adaptif menyumbang karakter berkendara yang sporty dan dinamis dari 320i M Sport.


Suspensi adaptif memungkinkan suspensi menyesuaikan redamannya sesuai mode berkendara yang dipilih, apakah Eco+, Eco, Comfort atau Sport Individual. Suspensi bahkan dapat membaca kondisi permukaan jalan di depannya sebelum melewatinya.


Segala teknologi itu lantas dipadukan dengan teknologi Variable Sport Steering menghasilkan karakter pengendalian yang tajam dan presisi, gerakan lingkar kemudi terasa langsung menggerakkan roda depan membuatnya sangat patuh pada kehendak pengemudi.


Kekurangan

Ground Clearance

Musuhnya cuma jalanan jelek.


Seperti 320i Dynamic yang pernah kami tes, ground clearance yang tak lebih 150 mm wajib diwaspadai ketika diajak melintas di permukaan jalan jelek.


Apalagi mengingat jarak sumbu rodanya termasuk panjang menyentuh 2.851 mm. Sebagai gambaran, jarak sumbu roda mobil-mobil LMPV populer di Indonesia paling panjang hanya 2.760 mm.


Auto Start Stop Function

Fitur Auto Start Function dapat dinon-aktifkan lewat tombol ini.


320i M Sport dilengkapi fitur Auto Start Stop Function yang akan mematikan mesin sesaat ketika mobil ini berhenti di persimpangan traffic light atau antri kemacetan. Fungsinya mengurangi penggunaan BBM ketika tidak diperlukan.


Kekurangannya, saat proses menghidupkan kembali mesin, getaran yang dihasilkan terasa kurang smooth untuk ukuran mobil premium seperti BMW.


Baca juga:


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page