top of page
  • Gambar penulisEditor

Test Drive Hyundai Creta (Part 2): Mencoba Fitur Super Canggih dan Lengkap

Melalui layanan Build My Own Creta, pelanggan dapat meng-custom Creta sesuai keinginan.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah mengulas aspek varian, harga, impresi berkendara dan performa, di artikel ini kami akan ulas fitur-fitur yang dimiliki Hyundai Creta, khususnya varian Prime, tipe tertinggi yang dipasarkan dengan harga Rp 408.500.000 (OTR Surabaya).


Build My Own Creta

Lewat menu Create My Own Creta, konsumen dapat memilih warna sesuai selera dan fitur apa saja yang disukai


Hyundai Creta Prime yang kami pinjam dari Hyundai Gubeng Surabaya ini memiliki fitur kenyamanan dan keamanan super lengkap.

  • Setir berbalut kulit dengan diameter dan ketebalan yang pas digenggam tangan

  • Engine Start/Stop diintegrasikan dengan tombol kontrol traksi

Sebelum mengulas fitur-fiturnya, sejak akan membelinya saja kita bahkan sudah disodori layanan yang belum jamak dilakukan APM saat ini.

  • Keren, shiftknob seperti kepunyaan VW/Audi

  • Paddle shift jadi standar Prime

Layanan tersebut dinamai “Build My Own Creta”, melalui penawaran yang dapat diakses lewat laman hyundai.com/id/id, kemudian pilih menu Click-To-Buy lalu klik Create My Own selanjutnya pelanggan dapat meng-custom Creta sesuai keinginan.


Apakah ingin menambahkan sistem audio Bose, panoramic sunroof atau memilih kombinasi warna dual tone dapat dilakukan. Creta yang dipakai basicnya diambil dari varian Trend IVT yang base price-nya Rp 328.000.000.

  • Lampu depan full LED

  • Ban serep tersimpan di dasar bagasi

Terobosan lain yang dilakukan Hyundai Motors Indonesia yakni program “New Creta Replacement Guarantee”. Garansi ini akan mengcover penggantian unit baru apabila dalam satu tahun pemakaian sejak tanggal pembelian mobil mengalami insiden yang menyebabkan kerusakaan hingga 75%.


Untuk menjamin rasa aman konsumen terhadap nilai jual kembali kendaraannya, Hyundai mengawalnya dengan program Resale Value Guarantee.

  • Sayang, roof rail sekadar ornamen pemanis karena tidak diperkenankan untuk membawa

  • Prime dibekali dengan perangkat aerokit diantaranya sideskirt dengan aksen warna merah

Program ini akan menjamin harga jual kembali Creta sebesar 70% dari harga pembelian apabila pemilik melakukan trade in dengan Hyundai baru di tahun ketiga.


Panel Instrumen

  • Tema display akan berubah sesuai dengan mode berkendara yang dipilih

Kita mulai dari panel instrumen. Untuk varian Prime seperti yang kami pinjam dari Hyundai Gubeng Surabaya ini panel instrumennya berupa LCD TFT 10,25 inci. Sedangkan untuk varian Trend dan Active menggunakan layar monokrom 3,5 inci.


Panel instrumen LCD TFT 10,25 inci menyampaikan informasi luar biasa detail dan lengkap. Di antaranya ada menu safety, driver attention level, drive info, data since refueling, data accumulated info, spidometer digital dan TPMS.


Setting juga dikontrol melalui layar tersebut. Settingnya lengkap, driver assistant, setting cluster, setting sistem kunci mobil seperti autolock, remote window, pengingat servis, spion penyambut.


Selain itu tema dari tampilan layar akan berubah seiring bergantinya mode berkendara (Eco, Normal, Sport dan Smart). Tema tampilan juga masih dimungkinkan untuk disetting secara manual sesuai selera pengguna.


Fitur Kenyamanan Berlimpah

  • Head unit 8 inci dapat dikoneksikan ke ponsel, sebagian setup dari sistem mobil dapat dilakukan melalui perangkat ini

Fitur-fitur berkendara telah kami ulas di artikel Part 1. Kali ini kita akan fokus pada fitur kenyamanan, keamanan dan fitur-fitur advance yang bahkan tidak dimiliki para kompetitornya.


Varian Style dan Prime ditanam sistem infotaintment terintegrasi dengan layar 8 inci. Kelebihannya masih dibekali tombol-tombol fisikal sehingga tidak menyulitkan ketika mengoperasikannya.


Sistem infotainment-nya sudah dilengkapi dengan fitur wireless AppleCarplay dan Android Auto bahkan ada penunjuk arah kiblat.

  • Varian Prime mendapatkan sistem audio Bose

Khusus varian Prime dan Style, sistem suaranya mengandalkan Bose Premium Sound System 8 spiker dengan rincian: 4 spiker di setiap pintu, sepasang tweeter, center speaker di dasbor dan subwoofer di bagasi.

  • Subwoofer di bagasi hanya ada di varian Prime

Sistem audio BOSE dirancang khusus untuk menyesuaikan suara dengan kabin Creta Varian Trend punya 6 spiker sedangkan Active ada 4 spiker.

  • Panoramic roof berukuran super besar

Sebagai kasta tertinggi, varian Prime telah dilengkapi dengan, panoramic sunroof, Console Armrest with Air Purifier, Paddle Shift, Ventilated Seat, Cooling Glovebox, Rear Center Armrest with Cup Holders dan TPMS (Tire Pressure Monitoring System).

  • Ambience light di dasar cup holder ada di semua varian

  • Saluran air vent juga tersedia untuk penumpang belakang

  • Air purifier atau sistem penjernih udara yang dipasang menyatu dengan arm rest penumpang depan menjadi fitur bawaan varian Prime

Pada varian Style dan Prime dilengkapi juga dengan ambient mood lamp, power outlet di bagasi belakang, cruise control, drive mode (Eco, Comfort, Smart, Sport), Traction Control Mode (Snow, Sand & Mud), 6-airbag system (Driver, Passenger, Side & Curtain)

  • Mode traksi punya tiga pilihan, Snow, Mud dan Sand

Fitur-fitur yang tertanam di ketiga varian (Prime, Style dan Trend) yaitu Rear View Monitor (RVM), lebih aman saat mundur atau parkir, kamera belakang akan memonitor area belakang mobil tapi khusus di Prime dan Style ada tombol Driver Rear View Monitor yang akan mengaktifkan kamera meski sedang berjalan.

  • Tersedia power outlet 12V di bagasi seandainya dibutuhkan untuk suplai daya ke cooling box

  • Fitur wireless charger, power outlet dan sepasang USB port mengisi konsol tengah


Selain itu ketiga varian tersebut juga sudah memiliki fitur Push Start Button, Tilt & Telescopic Steering Wheel, Electronic Parking Brake with Auto Hold, Wireless Smartphone Charger, Personal Lamps yang terpasang di sepasang pegangan tangan penumpang belakang, Full Automatic Temperature Controls dan Rear USB Charging Port.


Baik varian Prime, Style, Trend atau Active telah dilengkapi dengan sistem AC single zone climate control dengan fitur Full Automatic Temperature Controls pada varian Trend, Style dan Prima.

  • Ergonomi jok berbalut kulit embroided jadi salah satu yang terbaik di jajaran compact SUV

  • Sandaran jok fix, pengaman ISOFIX jadi standar

  • Jok depan dilengkapi fitur ventilasi (Ventilated Seat)

Ambient light di tatakan cup holder, dua USB port dan AC outlet di depan dan satu USB port di belakang. Hill-start Assist Control (HAC), saat memulai dari berhenti di tanjakan, HAC akan mencegah kendaraan bergerak mundur (rollback) yang tanpa sengaja terjadi ketika pedal rem dilepaskan. Semua varian juga dilengkapi dengan Impact Sensing Door Unlock dan Thief alarm.


Fitur Super Canggih

Ada mata-mata berupa kamera. Jika mobil dalam keadaan terkunci dan kamera mendeteksi ada gerakan di dalam kabin maka akan memeringatkan si pemilik melalui sistem Blue Link


Varian Trend, Style dan Prime mendapatkan fitur advance Hyundai yang dinamakan Blue Link. Fitur ini membutuhkan SIM card yang membuatnya selalu terhubung ke internet. SIM Card itu akan memberi akses ke ponsel kita untuk mengaktifkan menu SOS, Road Side Assistance, Geo-fence Notification, Time Fencing Notification, Speed Notification, Valet Mode, Vehicle Status Check/Notification, Driving Information & Vehicle Health Report, remote door lock/unlock, remote door.


Selama ada sinyal seluler, pemilik dapat memanaskan kendaraan dan fungsi-fungsi fiturnya seperti AC misalnya dari jarak jauh, antar kota sekalipun.


Fitur canggih ini juga memiliki menu bernama FindMyCar yang dapat digunakan untuk menemukan kendaraan kita. Seandainya kendaraan kita dicuri ada menu Stolen Vehicle Notification, Tracking dan Immobilization untuk menginformasikan keberadaan kendaraan kita dan mematikan seluruh sistemnya dari kejauhan selama dalam jangkauan sinyal seluler.


Luar biasanya lagi Blue Link masih memiliki menu Auto Collision Notification yang akan memberi notifikasi ke call centre.


Seandainya mobil ini terlibat kecelakaan sampai mengaktifkan sistem airbag maka secara otomatis menu Auto Collision Notification akan mengaktifkan mic dan spiker sehingga bila penumpang terjebak di dalam kendaraan ia tetap bisa berkomunikasi dengan call centre dan menginformasikan kondisinya.


Fitur Keamanan

  • Kami mengajak Mimid Safrihadi, salah satu pembaca setia OTOPLUS-ONLINE yang penasaran dengan driving experience dari Hyundai Creta. “Gak menyangka kalau produk Hyundai sudah secanggih ini,” ujarnya


Hyundai menanam fitur keamanan yang dilabeli Hyundai Smart Sense. Versi Basic untuk varian Active dan Trend sementara versi Advance tertanam di varian Style dan Prime. Di versi Advance terdapat kamera monekuler di kaca depan. Kamera tersebut terkait dengan fitur-fitur:


Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Fitur ini memperingatkan pengemudi ketika sistem mendeteksi ada risiko benturan dari arah depan, seperti misalnya dengan pejalan kaki atau dengan kendaraan yang tiba-tiba melambat atau berhenti. Jika risiko benturan terus meningkat setelah peringatan, maka sistem secara otomatis akan membantu dengan melakukan pengereman darurat.



Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), BCA memonitor blind-spot ketika kita sedang berkendara. Jika ada mobil yang terdeteksi di sekitar mobil Anda, LED pada kaca spion akan menyala memberikan peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan misalnya kita memaksa masuk jalur lain meski BCA sudah memberi peringatan apabila ada kendaraan yang mendekati jalur tersebut.


Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), RCCA memperingatkan apabila ada kendaraan di jalur belakang yang mendekat pada saat mundur dan melakukan pengereman darurat jika diperlukan. Biasanya diperlukan ketika kendaraan parkir secara seri dan kita tidak memiliki pandangan bebas pada situasi yang ada.



Kamera monekuler itu juga digunakan untuk mengaktifkan High beam assist. Walau memosisikan pada Hi-Beam, mobil ini secara pintar akan mengubahnya jadi Low-Beam saat berpapasan dengan kendaraan lain sehingga tidak menyebabkan pandangan pengemudi di jalur berlawanan silau.


Sementara fitur keamanan yang hanya tersedia di Prime yaitu Lane Following Assist (LFA), Kamera monekuler yang terpasang dibalik spion tengah akan melacak penanda garis jalur dan membantu menjaga kendaraan tetap aman di tengah jalur.



Sementara fitur Lane Keeping Assist (LKA), kamera tampak depan mendeteksi tanda jalur (di tepi jalan) untuk memantau posisi kendaraan tetap pada jalur awal.


Sistem akan memperingatkan pengemudi jika kendaraan dengan kapasitas tangki 40 liter ini meninggalkan jalur tanpa menggunakan lampu sein, dan secara otomatis akan membantu mengarahkan kemudi untuk mencegah kendaraan beralih dari jalur yang semestinya.


OTOPLUS-ONLINE mengajak Mimid Safrihadi, salah seorang pembaca setia yang lama penasaran dengan Hyundai Creta untuk merasakan kecanggihan fitur LFA dan LKA di ruas tol Surabaya-Sidoarjo.


“Sistemnya bekerja smooth, dikombinasikan dengan fitur Cruise Control maka ketika dipakai untuk perjalanan antar kota melintas tol akan terasa santai dan tidak melelahkan, sayangnya cruise controlnya belum tipe yang adaptif,” tukas Mimid.


Harga On The Road Surabaya

  • Active MT: Rp 287.500.000

  • Trend MT: Rp 307.500.000

  • Trend IVT: Rp 328.000.000

  • Style IVT: Rp 368.000.000

  • Prime IVT (Single Tone): Rp 407.000.000

  • Prime IVT (Two Tone): Rp 408.500.000

Hyundai Gubeng

Jl.Sulawesi No. 33-37, Surabaya

CP: Herfien 082131416769


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page