• Editor

The New Porsche 911 GTS: Lebih Bertenaga, Tampan, dan Dinamis

Ada tiga model yang ditawarkan, yakni 911 Carrera GTS, 911 Carrera 4 GTS, dan 911 Targa 4 GTS. Berikut ini perbedaannya, dan fitur yang menyertainya.

OTOPLUS-ONLINE I Dua belas tahun yang lalu, Porsche memperkenalkan versi GTS pertama dari 911. Sekarang, generasi terbaru 911 GTS telah hadir dengan figur mesin yang lebih bertenaga, desain yang secara visual lebih tampan disertai dinamika berkendara yang lebih menggugah dari sebelumnya.


Mesin boxer 3 liter enam silindernya kini menghasilkan tenaga puncak sebesar 353 kW (480 PS atau 473,4 dk), yang berarti 22 kW (30 PS atau 29,5 dk) lebih besar dibandingkan 911 Carrera S terbaru dan 911 GTS versi sebelumnya.

911 Carrera 4 GTS berpenggerak all-wheel drive, sementara 911 Carrera GTS berpenggerak roda belakang. Keduanya tersedia dalam pilihan model coupe dan cabriolet


Porsche 911 GTS ditawarkan dalam lima pilihan varian model, yaitu 911 Carrera GTS berpenggerak roda belakang dengan pilihan model Coupé dan Cabriolet.


Lalu ada 911 Carrera 4 GTS berpenggerak all-wheel drive juga dengan pilihan model Coupé dan Cabriolet, serta 911 Targa 4 GTS berpenggerak all-wheel drive.

  • 911 Targa 4 GTS hanya tersedia dalam pilihan penggerak all-wheel drive

  • Interior 911 Targa 4 GTS tidak berbeda dengan model coupe dan cabriolet

  • Pilar B dan kaca belakang Targa yang ikonik

  • Pelek 20 inci di depan dan 21 inci di belakang

Pilihan transmisinya Porsche Doppel Kupplung (PDK), transmisi dual clutch delapan percepatan atau manual tujuh percepatan. Akselerasi 0- 100 km/jam hanya membutuhkan 3,3 detik di 911 Carrera 4 GTS Coupé bertransmisi PDK delapan percepatan. Raihan ini tiga persepuluh detik lebih cepat dari pendahulunya.


Sistem gas buang menggunakan knalpot sport standar didesain dan diset khusus untuk GTS termasuk mengurangi beberapa insulator interior sehingga suara yang masuk ke kabin terasa menggunggah dan membangkitkan adrenalin.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Suspensi 911 GTS diadopsi dari 911 Turbo termasuk teknologi pegas pembantu di bagian belakang yang menjadi fitur di model Turbo dan dimodifikasi untuk GTS. Sistem suspensinya disupport teknologi Porsche Active Suspension Management (PASM) standarnya yang peredamannya sanggup merespon perubahan dinamis dengan kecepatan kilat. Di model Coupé dan Cabriolet, PASM merupakan standar, dikombinasikan dengan sasis sport yang lebih rendah 10 milimeter.


Mengimbangi performa mesin yang meningkat, rem performa tinggi disematkan. Sistem pengereman 911 GTS identik dengan spesifikasi rem 911 Turbo termasuk pelek centerlock berukuran 20 inci (depan) dan 21 inci (belakang). Perpaduannya memastikan keunggulan transmisi gaya longitudinal dan lateral.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!


Aspek dinamika berkendara dapat ditingkatkan dengan paket lightweight design, yang akan tersedia di model GTS untuk pertama kalinya dan dapat memangkas bobot hingga 25 kilogram sekaligus meningkatkan downforce.


Paket lightweight tersebut mencakup jok full bucket berbahan serat karbon (Carbon Fibre Reinforcement Plastic atau CFRP), kaca ringan untuk jendela samping dan belakang, dan baterai ringan. Paketnya termasuk sistem passive rear wheel steering dan perangkat aerodinamis tambahan.

911 Carrera GTS berpenggerak roda belakang dengan pilihan model Coupé dan Cabriolet.


Untuk menguatkan aura sporty sekaligus menghadirkan ciri khas 911 GTS, Porsche membubuhkan aksen warna hitam di 911 GTS terbaru. Itu terlihat dari elemen bodywork yang terlihat kontras, seperti lips spoiler, pelek, kisi-kisi penutup mesin, dan logo GTS di pintu dan belakang mobil yang berona silk black. Detail lainnya dapat dieksekusi dalam warna high gloss black sebagai opsi.

  • Lampu belakang unik membentang horizontal menyatukan kedua sisi taillight

  • Logo berwarna silk black menjadi ciri khas model GTS

Sentuhan hitam juga menjamah lampu depan dan lampu DRL digelapkan. 911 GTS dilengkapi dengan lampu depan Matrix LED sebagai standar dengan Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS Plus).


Detail sporty secara fungsional maupun visual juga tampak di interior. Untuk varian bertransmisi manual tujuh kecepatan opsional tuas persnelingnya telah diperpendek 10 mm, yang memungkinkan perpindahan gigi dilakukan cepat dengan sedikit gerakan pergelangan tangan.

  • Setir GT Sport berbalut kulit suede

  • Layar multimedia semakin besar, responsif dan tajam

  • Panel meter berupa layar full TFT

Setir mengadopsi model GT Sport berbalut kulit suede serta paket Sport Chrono dengan sakelar mode. Aplikasi Porsche Track Precision, dan tampilan suhu ban merupakan fitur standar.

  • Jok sport seat dengan 4 arah penyetelan elektrik

  • Sill plate terbuat dari serat karbon

Sport Seats Plus dengan dengan penyetelan empat arah elektrik memberikan dukungan lateral, kenyamanan, dan kemudahan punya opsi warna jahitan dekoratif warna Carmine Red atau Crayon tersedia sebagai pilihan. Logo GTS tersulam di sabuk pengaman dan sandaran kepala.


Baca juga: Porsche Cayenne Ini SUV Sultan! Harganya Ditentukan Fitur Yang Dipilih!


911 GTS diimbuhi berbagai fitur Race-Tex seperti pada bagian tengah kursi, pelek, setir, tuas pintu dan sandaran tangan, tutup kompartemen penyimpanan, dan tuas persneling semuanya mengandalkan bahan serat mikro yang menegaskan aura dinamis yang elegan. Paket interior GTS termasuk Sport Chrono Pack yang menyodorkan informasi penghitung putaran, dan jam juga aksen dekoratif carbon matte pada dasbor dan trim pintu.


Baca juga: Taycan: Sedan Sport Elektrik Paling Murah Porsche Seharga Rp 2,5 Miliar


Di sisi konektivitas, generasi terbaru dari Porsche Communication Management (PCM) yang telah membawa banyak peningkatan dalam pengoperasian dengan berbagai fungsi tambahan, pengoperasian yang lebih disederhanakan secara signifikan. Layar multimedia juga mengalami peningkatan pada ukuran dan kualitas tampilannya.

Mesin boxer 3 liter enam silinder kini hasilkan tenaga puncak 353 kW (480 PS atau 473,4 dk), atau 22 kW (30 PS atau 29,5 dk) lebih besar dibandingkan 911 Carrera S terbaru, dan 911 GTS versi sebelumnya.


Fitur voice assistant yang dapat diaktifkan dengan kalimat “Hey Porsche” juga ditingkatkan kemampuannya sehingga sanggup mengenali ucapan lebih baik dan akhirnya Porsche telah membekali sistem multimedia 911 GTS dengan Android Auto melengkapi Apple Car Play yang telah ada sebelumnya. Dengan begitu konektivitas penuh dapat dinikmati tak hanya oleh pengguna ponsel dengan sistem operasi iOS, tapi juga Android.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche