top of page
  • Gambar penulisEditor

Toyota New Camry Hybrid 2021: Spesifikasi, Teknologi, dan Fitur Terbaru

Dipasarkan mulai Rp767 juta atau lebih murah dibanding model sebelumnya berkat diberlakukannya pajak karbon.

OTOPLUS-ONLINE I Toyota mendukung sepenuhnya upaya Pemerintah untuk mengurangi emisi karbon yang menjadi penyebab pemanasan global, dan perubahan iklim guna terwujudnya masa depan kehidupan lebih baik.


Salah satu wujud dukungan tersebut diimplementasikan dalam bentuk peluncuran Toyota New Camry Hybrid, yang semakin ramah lingkungan.


Menariknya, Toyota New Camry Hybrid yang tersedia dalam 7 pilihan warna ini (Attitude Black, Platinum White Pearl, Red Mica, Graphite Metallic, Silver Metallic, Metal Stream, dan Burning Black) dipasarkan mulai Rp767 juta. Padahal sebelumnya Toyota Camry Hybrid dipasarkan dengan harga Rp849,5 juta.

“Dengan sekian banyak perubahan dan layanan yang lengkap, harga OTR DKI Jakarta dari New Camry Hybrid tetap berada di bawah level 800 juta. Tentu ini merupakan salah satu dampak positif dari peraturan CO2 tax yang baru-baru ini diterapkan oleh Pemerintah,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy melalui press release.


Kehadiran regulasi CO2 Tax atau pajak karbon diyakini juga akan meningkatkan penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota sehingga kontribusinya untuk menurunkan emisi karbon juga semakin besar.


Ditambahkannya, sebelum adanya penerapan regulasi CO2 Tax, perbedaan harga kendaraan hybrid dan non-hybrid mencapai Rp 50 juta hingga Rp 160 Juta per unit.



Namun dengan adanya implementasi CO2 Tax, perbedaan harga turun berkisar Rp 40 juta hingga Rp 60 juta per unit dengan harga terjauh sekitar Rp 100 juta lebih sedikit.


Sebagai informasi, Pemerintah memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan atas PP Nomor 73 Tahun 2019.



Peraturan ini berisi tentang pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil baru berdasarkan gas buangnya (emisi), bukan lagi berdasar jenis dan kapasitas mesin mobil.


Pajak karbon ini mulai diberlakukan pada 16 Oktober 2021.


Sekilas Toyota New Camry Hybrid

Toyota New Camry Hybrid menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang merupakan tantangan baru bagi Toyota untuk 'Making Ever-Better Cars' atau membuat mobil yang jauh lebih baik lagi, dengan keunggulan utama memperkuat dan meningkatkan performa setiap kendaraan.

Hal ini dicapai melalui performa luar biasa, suspensi double wishbone, rigiditas atau kekakuan bodi, handling yang presisi, pusat gravitasi yang rendah, dan visibilitas luar biasa


Sebagai flagship model dari sedan Toyota yang sudah mengaplikasikan teknologi mesin Hybrid generasi ke-4 yang lebih efisien dan rendah emisi,



New Camry Hybrid hadir dengan tampilan baru lebih tegas dan elegan, serta sejumlah fitur baru yang membuatnya semakin advance dan berkelas.

Tampilan tegas nan elegan New Camry Hybrid terpancar mulai dari sisi depan eksteriornya dengan adanya New Astonishing Front Bumper and Grille. Juga lampu depan LED yang elegan.

Lanjut ke bagian samping, New Camry Hybrid kini juga dilengkapi dengan New Striking Silver Alloy Wheel yang membuatnya semakin dinamis.

Hingga pada sisi belakang, terdapat New Sharp-Edged LED Rear Lamp with Red Reflex Reflector yang semakin menyegarkan tampilan New Camry Hybrid.


Sementara fitur baru pada New Camry Hybrid yang semakin advance dan berkelas dapat dilihat pada bagian interiornya.

New Sophisticated Cabin Interior pada New Camry Hybrid menampilkan desain baru, khususnya pada area dashboard dengan adanya New Marvelous Floating Multimedia dan New Extravagant Ornamentation.


Lebih dari itu, New Camry Hybrid juga disematkan dengan teknologi safety Toyota yang advance yaitu Toyota Safety Sense 2 (TSS 2).

Teknologi TSS 2 pada New Camry Hybrid menawarkan beragam fitur, mulai dari Pre-Colission System (PCS) berupa Kamera dan sistem radar terintegrasi yang membantu mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan saat terjadi tabrakan frontal.

Lalu ada juga fitur keselamatan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction yang mendeteksi kendaraan di depan, dan mengikuti dalam jarak yang aman, sehingga mengurangi kelelahan mengemudi.

Kemudian fitur Lane Tracing Assist (LTA) yang membantu pengemudi dalam menghindari jalur yang tidak diinginkan, dengan peringatan visual dan suara, plus bantuan kemudi.

Tak ketinggalan Automatic High Beam (AHB) yang semakin memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pelanggan dalam bermobilitas, juga keselamatan pemakai jalan yang lain, karena secara otomatis akan mengubah high beam menjadi low beam saat berpapasan dengan kendaraan lain.


Tidak berhenti di situ, New Camry Hybrid juga kami lengkapi dengan advance feature terbaru yang menghubungkan mobil dengan seluruh layanan Toyota melalui T Intouch.



T Intouch menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi bagi pelanggan.


Seperti mengetahui posisi terakhir mobil saat diparkir, melacak keberadaan mobil jika terjadi pencurian, memberikan notifikasi kondisi kendaraan saat berkendara, mengingatkan jadwal perawatan, juga selalu terkoneksi dengan call center.



New Camry Hybrid juga dilengkapi dengan layanan after sales. Pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala saat akan memilikinya karena otomatis akan mendapatkan benefit program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50.000 Km mana yang tercapai lebih dahulu).


Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia.


Spesifikasi Toyota New Camry Hybrid 2021

Dimensi

Panjang: 4.885 mm Lebar: 1.840 mm Tinggi: 1.445 mm Jarak Poros Roda: 2.825 mm Jarak Pijak Depan (Front Tread): 1.580 mm Jarak Pijak Belakang (Rear Tread): 1.605 mm


Mesin

Mesin: A25A-FKS Tipe: Hybrid, 4 -Cylinders ln line Isi Silinder: 2.487 cc Daya Maksimum: 178 PS / 5.700 rpm Daya Maksimum Power Electric Motor: 20,6 PS Torsi Maksimum: 22.5 Kgm / 3.600 - 5.200 Rpm Emission Certification: Euro 4 Bahan Bakar: Gasoline Kapasitas Tangki: 50 liter


Sasis

Transmisi: Otomatis dengan Continuous Variable transmission/ Automatic with Continuous Variable Transmission (CVT) Perbandingan Gigi Mundur: - Perbandingan Gigi Akhir: 3.193, 3.389

Steering Gear: Rack & Pinion Suspensi Depan: MacPherson Strut Suspensi Belakang: Double Wishbone

Rem Depan: 16 "Ventilated Disc Breake with Floating Caliper 1-Cylinder Rem Belakang: 16 "Solid Disc Brake with Floating Caliper 1-Cylinder Rem Parkir: Tuas Elektrik Ukuran Ban: 235 / 45 R18 Alumunium Wheel


Keamanan

SRS Airbags: Dual Front SRS + Front Side + Dual Knee + Rear Side ABS, EBD, BA: with + VSC, HAC

Smart Entry: with Start - Stop System Rear Camera: with Back Guide Surround Monitor Child Restraint System: ISOFIX + Tether Back & Corner Sensor: With


Teks: Indramawan

Foto: Toyota Astra

bottom of page