• Editor

Velodrome Track Bike Custom Ini Dibangun Selama 10 Bulan, Full Parts Hedon!

Project Alvian MR X Minority Custom Motorcycle.

OTOPLUS-ONLINE I Ceritanya berawal dari keinginan Alvian MR kembali main fixed gear dan bernostalgia dengan gaya sepeda yang pernah populer sekitar tahun 2008-2010 itu. Tapi dengan konsep yang diupdate dengan trend sekarang.

Dari sinilah muncul konsep sepeda fixed gear dengan look atau tampilan estetik ala velodrome track bike.

Jadi menarik, karena project ini dikerjakan oleh bengkel modifikasi dan custom motor ternama di Surabaya, Minority Custom Motorcycle (MCM), dengan menggunakan parts full carbon hedon!

"Untuk frameset (frame dan fork), sebetulnya saya punya banyak alternatif frameset dengan brand yang sudah banyak beredar," buka Alvian.


"Tapi akhirnya saya menentukan frameset carbon aero buatan ICANBIKE (Taiwan)," lanjutnya.


Baca juga: Minority Custom Surabaya Promosikan Sepeda Custom Harga Mulai Rp 6 Jutaan


"Saya kontak langsung via email dan WA dengan pihak ICANBIKE. Karena saya serius ingin memesan frame dengan model dan geometri sesuai proporsi tubuh saya."

"Setelah beberapa kali pengajuan alternatif dan size, akhirnya saya menentukan satu model frameset yang cocok, dengan material full carbon Toray T700 dan size 51," ungkap Alvian.


Baca juga: Wow, BMX Cub Ini Bisa Terbang!


Wheelset juga dipesan langsung dari Taiwan. Untuk front wheelset pakai carbon trispoke 60mm dan material carbon type 12k, dengan Glossy Finished.


Sementara rear wheelset juga pakai carbon 12k glossy finished 88mm dengan hub Novatech yang support flipflop Cog.


Baca juga: Modifikasi Cruiser Bike Karya Kustom-Sickless Ini Terinspirasi Harley Sportster


"Saya juga gunakan flat spoke untuk menambah sisi aero dinamis pada wheelset belakang. Sedangkan untuk ban luar saya pilih Vittoria Zaffiro Slick 28c," tunjuk pria yang tinggal di kawasan Jl. Lasem, Surabaya itu.

Untuk mewujudkan sepeda rakitan ini, dibutuhkan waktu sekitar 10 bulan! "Saya tidak mau buru-buru dalam pembelian parts, karena sedari awal saya ingin benar-benar matang membangun sepeda ini, dan sebisa mungkin tidak ada perubahan lagi atau upgrade parts," seriusnya.


Baca juga: Keren Abis! Seli Racing Style Kreasi Jawara Honda Modif Contest 2018


Karena alasan itulah semua eksekusi, baik dari pematangan konsep awal, pemilihan warna (frameset dan striping logo) sampai dengan perakitan dipercayakan sepenuhnya kepada Team MCM.

Kesulitan muncul saat instalasi saddle ke seatpost. Karena sudah terlanjur beli dan dapat saddle yang benar-benar disukai, tapi ternyata dudukannya beda dengan seatpost.


Baca juga: Dilengkapi STNK dan BPKB, BMX Cub Ini Dipasarkan Dari Mulai Rp 14 Juta


"Akhirnya sebisa mungkin pemasangannya agak dikulik sedikit supaya seatpost tetap bisa dipasangi saddle yang saya inginkan," lega Alvian.

Menurutnya, yang menarik dari project ini adalah penggabungan antar parts dan menentukan konsep yang akan diangkat.


Baca juga: Minivelo Mooneyes Ini Hasil Kreasi Bengkel Modifikasi Motor Di Kediri


"Karena akhirnya frameset yang saya miliki total, saya ubah warna, dan saya beri label sendiri di luar brand-brand yang sudah ada. Dan tentunya juga hasil diskusi intens dengan MCM yang pada akhirnya menemukan formula yang pas dengan konsep saya," tutupnya.


Spesifikasi

Handlebar: Timex 3k Carbon Trackbar 370mm Stem: WILDSIDE Wireless Computer 31.8mm Spacer: GODANDFAMOUS 5mm Handgrip: ODIGRIPS Ultralight Bar-end Cap: GODANDFAMOUS Saddle: Campagnolo Carbon Toupe Bidon: Giant Liv Bidon Cage: Minoura Japan SBH-80 Frame/Fork/Seatpost/Headset: ICANBIKE Front Wheelset: Trispoke 12k Carbon Track Rear Wheelset: Carbon 88mm 12k Track Rear Hub: Novatec 166 (Flat-spoke 24 hole) COG 17T included F/R Tire: Vittoria Zaffiro Slick 28c Crank: SKEACE Powerpoint 49T BCD 144 (BB Included) Chain: IZUMI Silver Chain Pedal: Zeray Z110s (Road-Cleat)


Bengkel: Minority Custom Motorcycle (MCM)

Instagram: @minority_custom


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa