• Editor

Alasan Baterai Motor Listrik Minerva Electron Ini Digaransi Selamanya

Minerva Electron menggunakan konsep battery swap atau tukar baterai di swap station yang ada di seluruh Jawa dan Bali.

OTOPLUS-ONLINE I Minerva Electron dengan konsep baterai swap membuat pemilik motor Minerva akan digaransi baterai selamanya tanpa batasan waktu.


Garansi selamanya ini jadi kelebihan utama dibanding dengan motor listrik yang tidak menggunakan sistem swap.


PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) menangkap peluang itu dengan meluncurkan motor listrik Minerva Electron di GIIAS - Hall 9A Booth Number A4 Indospring Booth - Gedung ICE BSD Serpong-Tangerang Banten.


BML adalah distributor resmi Minerva Electron di Indonesia yang merupakan group PT Indoprima Gemilang, perusahaan otomotif part terbesar di Indonesia.


Baca juga: Smoot Tempur, Skuter Listrik dengan Charging Time 9 Detik dan Battery Swap


BML fokus pada pengembangan produk-produk otomotif berbasis listrik. Tak hanya roda dua (Minerva Electron), tetapi juga cargo dan passenger roda tiga (Piaggio Commercial) dan E-Forklift (Minerva).


BML juga mengembangkan bisnis kendaraan delivery dan logistik e-commerce, consumer good dan delivery serta rental company baik retail maupun fleet dan group company.


Minerva Electron adalah motor listrik buatan Indonesia yang diproduksi di Gresik-Jawa Timur dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) saat ini mencapai 32%.


Baca juga: Simulasi Pemakaian Motor Listrik United E-Motor T1800 untuk Sehari-hari


Minerva Electron didesain dan diproduksi di Indonesia dengan mengikuti trend dan model dengan gaya stylish modern.


Minerva Electron yang dipasarkan dengan harga Rp 16.500.000 (OTR Jakarta) ini ditawarkan dalam 5 pilihan warna : Baby Blue, Tosca, Grey, Blue Silver dan Red Silver.



Sistem Tukar Baterai Lebih Praktis: Cukup 9 Detik Saja!

Pada peluncuran Minerva Electron, BML bekerjasama dengan PT Swap Energy Indonesia yang tengah membangun ekosistem battery swap system di Indonesia untuk menjawab kekhawatiran konsumen kehabisan baterai di tengah jalan.


Waktu penukaran baterai termasuk yang paling praktis dan paling singkat, cukup 9 detik proses tukar baterai selesai.


Baca juga: Performa BL-SEV01 Sport Electric Vehicle Karya Anak Bangsa Ini Setara Motor 250cc!


Selain garansi baterai selamanya, sistem baterai swap membuat ekosistem para pengendara hanya perlu menukar baterai pada swap poin terdekat tanpa perlu mengecas sendiri.


Adapun swap station digunakan sebagai tempat penukaran baterai motor listrik tersebar di berbagai tempat umum, sehingga pengendara dapat dengan mudah menukar baterai motor listriknya.

Titik-titik pengisian atau penggantian baterai saat ini sudah tersebar di banyak tempat khususnya tempat-tempat umum yaitu di beberapa minimarket ternama, dan SPBU serta gerai-gerai modern yang sudah mencapai 412 titik “Swap Point.”


Di antaranya di Alfamart, Circle K, SPBU Shell dan BP dan jaringan Planet Ban, serta dalam tahun ini 2022 direncanakan akan mencapai 1.200 titik penukaran baterai yang tersebar di seluruh Jawa dan Bali.


Baca juga: Proyek Iseng, Electric Chopper


Selain jaringan swap point di atas Minerva Electron memanfaatkan jaringan-jaringan bengkel mitra atau showroom dealer lainnya sebagai penambah jaringan swap station tadi yang mana jaringan ini tersebar sebagian besar di wilayah Jawa dan bali.


Tarif yang dikenakan dalam sistem penggunaan bateri swap ini adalah tarif hitungan jarak tempuh atau kilometer dengan sistem kuota, yaitu 100 km dengan tarif Rp 20.000, 250 km Rp 45.000, dan 500 km Rp 80.000 atau Rp 160/km.


Spesifikasi Minerva Electron

Spesifikasi motor listrik Minerva Electron selain kemampuan bateri yang mempunyai kekuatan daya/power 1.500 Watt yang didukung oleh baterai lithium-ion berkapasitas 64V 22,5 Ah.


Motor listrik Minerva Electron didesain mampu mengangkut beban maksimum 150 kg dan juga dibekali dengan disc brake untuk rem depan dan rem belakang serta menggunakan teknologi “combi brake system-CBS” dimana sistem pengereman ini adalah system yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang.


Baca juga: Yamaha EMF (Electro Motive Fighter) akan Hadir di Taiwan pada Maret 2022


Hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.


Dengan adanya teknologi ini, pengendara dapat melakukan pergereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.


Motor listrik ini memiliki smart digital speedometer yang membuat informasi kapasitas baterai, jarak tempuh, serta control seluruh sistem kendaraan terintegrasi secara keseluruhan terinformasi dengan mudah dipantau di situ.


Layanan Purna Jual

Untuk jaringan aftersales service, Motor listrik Minerva Electron sudah menyiapkan jaringan servis di lebih dari 1000 outlet yang bekerjasama dengan outlet-outlet aftersales yang terlatih seperti jaringan Planet ban, jaringan bengkel resmi dan rekanan dari Minerva Electron.


Pada tahun 2022, Minerva Electron menargetkan segera membangun 25 jaringan 3S Minerva Electron di seluruh Indonesia yang mana rinciannya sebagai berikut:

  • Jabodetabek 10 Jaringan

  • Jawa Barat 5 Jaringan

  • Jawa Tengah 3 Jaringan

  • Jawa Timur 5 Jaringan

  • Bali 2 Jaringan

Per 12 Agustus 2022, booking sudah bisa dilakukan di seluruh jaringan dealer BML /Minerva Electron di Jakarta dan akan segera menyusul di kota-kota besar lainnya seperti Bandung dan Surabaya.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Minerva Electron