• Editor

All New Honda Civic 2021: Spesifikasi, Fitur dan Teknologi Terbaru

Thailand adalah negara pertama di kawasan Asia Oceania di luar Amerika Utara yang memasarkan generasi ke-11 All New Honda Civic ini.

OTOPLUS-ONLINE I Civic adalah mobil produksi Honda dengan sejarah paling panjang. Sejak diperkenalkan tahun 1972, Civic telah diakui dan dipercaya oleh konsumen di seluruh dunia dengan penjualan lebih dari 27 juta unit kendaraan di lebih dari 170 negara.


Selama hampir 50 tahun eksistensinya, Civic juga terus berkembang dan menetapkan standar baru pada setiap generasinya.

Tentu sangat menarik untuk melihat, seperti apa perkembangan teknologi dan fitur All New Honda Civic generasi ke-11 yang diperkenalkan di Thailand pada 6 Agustus 2021 lalu.


Baca juga: All-New Civic Hatchback Hadir dengan Fitur dan Teknologi Terbaru


Perlu dicatat, Thailand adalah negara pertama di kawasan Asia Oceania di luar Amerika Utara yang memasarkan generasi terbaru All New Honda Civic ini.


Berikut ini teknologi dan fitur terbaru All New Honda Civic seperti yang kami lansir dari website resmi Honda Thailand.


Eksterior

All New Honda Civic generasi ke-11 hadir dengan desain yang simpel, namun dengan sentuhan sport premium.

Dibedakan dengan garis-garis ramping di sekitar mobil, serta kemewahan di segala aspek dengan desain gril depan dan bemper depan baru.

Dilengkapi lampu depan proyektor dengan lampu untuk berkendara di siang hari dan lampu kabut, serta dan lampu belakang LED gaya unik, antena sirip hiu, dan knalpot ganda, serta pelek baru.

Pada model RS yang merupakan kasta lebih tinggi dengan desain paling eksklusif di antara varian All New Honda Civic, selain desain gril dan bumper depan baru dengan logo RS, juga terdapat ciri khas lain berupa detail dengan warna hitam seperti pada spion, pegangan pintu, antena sirip hiu, spoiler belakang dengan logo RS di belakang yang juga warna hitam.


Baca juga: Honda Inggris Hanya Pasarkan All New HR-V Hybrid, Masuk ke Indonesia 2022?


Tak ketinggalan, pipa knalpot ganda dan pelek aluminium alloy berdesain sporty 17 inci. Semuanya tampak kontras dengan warna red ignite (metallic) hanya untuk model RS.


Interior

Kabin luas memberikan kenyamanan yang didekorasi dengan material premium. Teknologi canggih siap menghubungkan pengemudi dan mobil sebagai satu kesatuan, dengan beragam fungsi dan teknologi.


Seperti sistem kontrol pintu yang cerdas dengan Honda Smart Key Card. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengunci dan membuka kunci mobil dengan nyaman melalui kartu.

Sementara itu informasi berkendara ditampilkan lewat layar display TFT ukuran 10,2 inci, sistem audio layar sentuh ukuran 9 inci yang support dengan Apple CarPlay wireless, dan tak ketinggalan pengisi daya wireless, serta masih banyak lagi fitur kenyamanan lainnya.

Termasuk fitur perintah suara, pengaturan penyejuk suara, dan start engine yang bisa dilakukan jarak jauh. Semua ini memungkinkan lewat teknologi Honda CONNECT yang bisa diaplikasikan melalui smartphone.


Mesin

Seluruh varian All New Honda Civic mengusung mesin VTEC Turbo kapasitas 1.498cc, DOHC, 4 silinder, 16-valve yang powerful namun tetap ekonomis dalam hal konsumsi bahan bakar.


Dengan perbandingan diameter bore x stroke: 73.0 x 89.5 mm serta kompres rasio 10.3 : 1 didapat power maksimum sebesar 131 kW (178 PS) pada 6.000 rpm. Sementara besaran torsi maksimal adalah 240 Nm (24.5 kg-m) pada 1.700 - 4.500 rpm.


Baca juga: Honda Segarkan Tampilan New Civic Type R untuk Pertama Kali, Dipasarkan Rp 1,177 Milyar


Dikombinasikan dengan transmisi CVT (otomatik), dan sistem suplai bahan bakar multipoint nozzle PGM-FI, didapat tingkat konsumsi rata-rata bahan bakar hingga 17.2 km / liter.

Selain itu, All New Honda Civic juga dilengkapi 3 mode berkendara yang bisa dipilih sesuai gaya dan keinginan.

  • ECON Mode: untuk mode mengemudi ekonomis dan sesuaikan kinerja mesin dalam kaitannya dengan berkendara untuk efisiensi bahan bakar lebih optimal.

  • Normal Mode - mode mengemudi normal untuk penggunaan umum

  • Sport Mode - untuk pengalaman berkendara yang mengasyikkan, di mana pengoperasian mesin merespons akselerasi dengan lebih baik (hanya pada model RS).


Honda Sensing

Semua model All New Honda Civic hadir dengan teknologi keselamatan cerdas Honda Sensing yang bekerja melalui kamera pandangan lebar di depan. Teknologi ini membantu mendeteksi mobil dan pejalan kaki secara efektif, dengan fungsi utama sebagai berikut:


Sistem Collision Mitigation Braking System (CMBS): membantu mengingatkan pengemudi untuk mengurangi kecepatan saat ada mobil, sepeda motor, sepeda atau pejalan kaki dalam jarak yang tidak aman dan ketika ada risiko tabrakan. Sistem akan membantu memperkuat rem secara otomatis. untuk menghindari tabrakan atau mengurangi keparahan kecelakaan.


Variable Cruise Control: Melalui fitur Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed ​​Follow (LSF) di mana sistem akan mengatur kecepatan menyesuaikan kecepatan kendaraan di depan saat berada pada kecepatan rendah seperti di lalu lintas yang padat.


Lane Keeping Assist System (LKAS): Sistem untuk membantu mengendalikan mobil tetap berada di jalur.


Road Departure Mitigation (RDM) System dengan Lane Departure Warning (LDW): Sistem mitigasi keberangkatan jalan dengan peringatan keberangkatan jalur.


Auto High Beam (AHB): yang mengatur sorotan lampu jauh secara otomatis sehingga aman bagi pemakai jalan.


Lead Car Departure Notification System (LCN): Sistem ini memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mobil di depan telah bergerak ke depan. Radar dengan millimeter-wave mendeteksi ketika mobil di depan mulai bergerak dari kondisi diam di tengah kemacetan, dan ,memberikan pemberitahuan kepada pengemudi baik melalui audio maupun visual, jika pedal gas belum diinjak.


Model dan Harga

All New Honda Civic tersedia dalam tiga model, yakni:

  • RS Model (Harga: 1,199,900 baht atau Rp521 Juta)

  • Model EL (Harga: 1,009,900 baht atau Rp438 Juta)

  • Model EL (Harga: 964,900 baht atau Rp419 Juta)


Teks: Indramawan

Foto: Honda