top of page
  • Gambar penulisEditor

Aprilia Racing Siap Hadapi MotoGP 2023 dengan Format Baru Sprint Race

Aprilia Racing tahun ini diperkuat tim satelit RNF MotoGP Team dengan pembalap Miguel Oliveira (#88), dan Raul Fernandez (#25).

Aprilia Racing tahun ini diperkuat tim satelit yang banyak memberikan keuntungan di saat diberlakukannya format baru Sprint Race.


OTOPLUS-ONLINE I Aprilia Racing menghadapi MotoGP musim 2023 ini dengan optimisme yang tinggi, seiring hasil yang ditorehkan musim 2022 lalu.


Tim yang dikenal sebagai "The A Team" ini menunjukkan progress mengesankan, dengan meraih kemenangan MotoGP pertama, serta delapan juara podium, dan dua posisi terdepan saat start.


Diperkuat Aleix Espargaro (#41) dan Maverick Vinales (#12), Aprilia Racing kini untuk pertama kalinya diperkuat tim satelit, RNF MotoGP Team dengan pembalap Miguel Oliveira (#88), dan Raul Fernandez (#25).


Tim satelit sangat dibutuhkan dalam memberikan tambahan informasi untuk pengembangan performa RS-GP. Ini sangat penting, mengingat mulai MotoGP 2023 diberlakukan format baru Sprint Race.



Dalam format baru ini, setiap race weekend digelar dua kali balap, yakni pada hari Sabtu (Sprint Race), dan pada hari Minggu digelar race seperti biasanya.


Untuk itu, kehadiran test rider, Lorenzo Savadori di beberapa musim terakhir juga sangat menentukan dalam pengembangan RS-GP.


Tahun ini, Lorenzo Savadori juga akan tampil di tiga putaran (akan segera diputuskan) sebagai pembalap wild card.



"Tantangan yang kami hadapi terus meningkat, seiring tanggung jawab kepada tim satelit, yang di satu sisi memungkinkan kami untuk memiliki lebih banyak informasi. Juga kami berada di bawah tekanan lebih besar dengan format baru (Sprint Race) yang menyiratkan tantangan terkini untuk tim dan pembalap," buka Massimo Rivola selaku CEO Aprilia Racing.


"Tapi kami telah mempersiapkan diri dengan baik, dan saya percaya kami akan memulai musim kejuaraan dengan motivasi sangat tinggi untuk lebih baik dari tahun lalu," tandasnya.


Aleix Espargaró yang telah bergabung dengan Aprilia Racing sejak 2017 dan menjadi pembalap utama juga merasakan tantangan besar yang akan dihadapinya musim ini.

Aleix Espargaro menempati posisi keempat di klasemen pembalap tahun lalu.


“Musim kejuaraan 2023 akan dimulai dengan banyak misteri. Format baru yang menyertakan Sprint Race pada hari Sabtu akan menuntut lebih banyak persiapan dari para pembalap. Meski begitu, saya telah mempersiapkan kemampuan terbaik saya dan yakin bahwa kami akan kembali bersenang-senang tahun ini,” ujar Aleix yang menempati posisi keempat di klasemen pembalap tahun lalu.



Hal senada juga diungkap Maverick Viñales. Ia mengaku banyak belajar dan mengenal Aprilia dan tim di tahun 2022 lalu.

Maverick Viñales tak sabar memulai balap MotoGP 2023 yang memberlakukan format Sprint Race.


"Di musim baru ini, kami akan mempraktekkan semua yang dipelajari selama performa lalu. Saya langsung menyukai RS-GP baru yang ditingkatkan dalam berbagai aspek, seperti manajemen pembukaan throttle awal, yang menjadi bagian mendasar untuk gaya berkendara saya," tuturnya.



Menariknya, Vinales mengaku suka dengan format balap akhir pekan yang baru ini. "Ini akan sangat menarik bagi penggemar dan tim, di mana memberikan kesempatan lebih untuk mempersiapkan balapan hari minggu lewat Sprint Race. Saya tidak sabar untuk memulai kembali ke lintasan!"


Pembaruan Teknis Aprilia RS-GP

Aprilia RS-GP besutan Aleix Espargaro


Dari segi teknis, evolusi Aprilia RS-GP melibatkan berbagai aspek. Pada mesin V4, yang sejatinya tidak dapat berevolusi di sepanjang musim lalu akibat kehilangan konsesi, telah mendapat tenaga lebih besar dengan putaran mesin (top speed) maksimum, sambil mempertahankan kemampuan handling atau pengendalian yang jadi kelebihannya.


Arsitektur sasis bergantung pada rangka yang telah ditinjau kembali berdasarkan permintaan pengendara, berjuang untuk traksi dan stabilitas.

Aprilia RS-GP besutan Maverick Vinales.


Adapun aerodinamikanya tetap mempertahankan konsep yang diperkenalkan pada tahun 2022, seperti panel lengkung samping atau konfigurasi karakteristik sayap depan yang dikembangkan. Sementara di sisi elektronik juga ada pengembangan dari Magneti Marelli.



"Setiap detail RS-GP baru merupakan evolusi dari konsep 2022 dengan peningkatan numerik dari semua aspek utama dan program pengembangan yang mengantisipasi penyempurnaan lebih lanjut sepanjang musim," jelas Romano Albesiano, Direktur Teknis Aprilia Racing.


Teks: Indramawan

Foto: Aprilia

bottom of page