• Editor

BMW Group Indonesia Bersiap Luncurkan 3 Kendaraan Listrik: BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric

Peluncuran model-model ini menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility.

BMW iX bersiap mengaspal di Tanah Air


OTOPLUS-ONLINE I Pasar otomotif Indonesia meningkat secara positif sepanjang 2021 berkat dukungan pemerintah dalam insentif PPnBM. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatatkan pertumbuhan domestik penjualan kendaraan secara retail hampir mencapai 50% dibandingkan dengan tahun 2020, dan segmen premium tumbuh lebih dari 9%.


Sejalan dengan hal ini, penjualan BMW naik 17% pada tahun 2021 menjadi 2.433 unit (dibandingkan 2.082 pada tahun sebelumnya). BMW berhasil menambah pangsa pasar secara signifikan dibandingkan semua kompetitornya.


BMW Group Indonesia memperkuat posisinya sebagai pemimpin di segmen otomotif premium Indonesia dengan mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).


Baca juga: BMW M2 Competition Hadir di Indonesia, Tapi Waktu Inden Lamaaa...


Brand BMW juga meraih posisi teratas diantara seluruh brand premium. BMW Group Indonesia menghasilkan pertumbuhan penjualan sebesar 21% menjadi 3.102 unit kendaraan BMW dan MINI pada tahun 2021, yang terdiri dari 2.433 (+17%) unit BMW dan 669 (+39%) unit MINI.


Performa yang solid ini, banyak disumbang oleh varian model BMW Sports Activity Vehicle (SAV) yang sangat populer di kalangan pelanggan Indonesia. BMW tetap menjadi pemimpin di segmen SAV/SUV premium di Indonesia. Secara keseluruhan, kendaraan BMW SAV berkontribusi 54% terhadap total penjualan.

BMW X1 kontributor utama penjualan BMW di Indonesia


Di antara kendaraan BMW terkemuka di segmennya adalah BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Ketiga model terlaris BMW pada tahun 2021 adalah BMW X1, yang menyumbang 27% dari total penjualan, BMW Seri 3 (25%), dan BMW Seri 5 (11%).


Dari peluncuran M3 dan M4 Coupe Competition di Indonesia, BMW Indonesia meraih hasil gemilang untuk mendominasi segmen sportscar di Indonesia. Kedua model tersebut menerima respons yang luar biasa, dengan seluruh unit yang dialokasikan untuk Indonesia segera habis terjual.


Baca juga: Berakselerasi 0-100 Kpj dalam 4,8 Detik Bersama BMW X3M Competition


Pada tahun 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi rekor tertinggi sebelumnya yaitu 89 unit pada tahun 2015. Ketiga model BMW M teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30%), BMW M4 Competition Coupè (18%), dan BMW M3 Competition (14%).


Sementara itu secara global, BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year yang solid sebesar 8,4% tahun lalu, dengan total 2.521.525 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia.


Baca juga: BMW i8 Roadster: Komparasi Mobil Listrik Hibrida dan Mobil Listrik Murni


Penjualan BMW mencapai rekor tertinggi baru tahun lalu yaitu 2.213.795 unit (+9,1%). Di 2021, BMW memimpin segmen premium global dengan mengungguli semua kompetitornya.


Di samping itu, BMW M GmbH ikut mencatatkan rekor penjualan tertinggi, dengan total 163.542 kendaraan BMW M (+13,4%) dikirimkan ke pelanggan. BMW Group juga menggandakan penjualan kendaraan full listrik pada tahun 2021 menjadi 103.855 unit (+133,2%).

MINI Countryman, menjadi varian MINI paling laku di Indonesia dengan kontribusi sebesar 38% terhadap penjualan total MINI


Pada tahun 2021, MINI Indonesia meluncurkan jajaran lengkap New MINI sebagai bagian tahap selanjutnya dari evolusi MINI.


Dengan perombakan intensif untuk MINI 3-Door, MINI 5-Door dan MINI Cabrio, produsen kendaraan premium asal Inggris ini kian tingkatkan keseruan berkendara, desain ekspresif, dan gaya individual yang terkait dengan model-model ini.


Baca juga: Ternyata Naik MINI 5-Door Rasanya Seperti Main Go-Kart!


Ketiga model MINI top pada 2021 adalah MINI Countryman rakitan lokal (38%), diikuti oleh MINI 3-Door (35%) dan MINI 5-Door (10%).


“Melanjutkan kesuksesan tahun lalu, kami akan terus menghadirkan kendaraan premium terbaik, termasuk model kendaraan listrik, dan layanan berorientasi pelanggan untuk lebih meningkatkan pencapaian penjualan di tahun 2022," tegas Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.


Baca juga: First Impression MINI Cooper Convertible 2021 yang Dipasarkan Mulai Rp 900 Jutaan


"Tahun ini, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif – BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric," lanjut Ramesh.


Dijelaskannya, peluncuran model-model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility.


Baca juga: BMW i3s Tak Hanya Praktis dan Efisien Khas Mobil Listrik, Tapi Juga Mewah


"Sustainability juga akan menjadi topik utama BMW Group Indonesia tahun ini, dengan fokus pada tiga aspek - Lingkungan, Sosial, dan Governance. Kami akan menyediakan lebih banyak layanan berorientasi pelanggan bersamaan dengan peluncuran BMW dan MINI terbaru, serta terus berkontribusi kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility yang strategis. Kami percaya BMW Group Indonesia siap untuk menghadapi tahun 2022,” pungkas Ramesh.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: BMW, Nugroho Sakri Yunarto