• Editor

FIM Minta Dilakukan Pelapisan Ulang Aspal di Sebagian Lintasan Sirkuit Mandalika

Pembenahan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum dimulainya Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 20 Maret 2022.

OTOPLUS-ONLINE I Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pemilik Pertamina Mandalika International Circuit menyetujui penilaian dan permintaan FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) atau Federasi Olahraga Balap Motor Internasional untuk melakukan pembenahan, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan.

Aktivitas tes resmi sempat dihentikan (red flag) untuk memberikan kesempatan pembersihan lintasan yang tertutup debu dan kemudian berubah jadi lumpur tipis setelah diguyur hujan sebelumnya


Dikutip dari situs resmi ITDC, pelapisan ulang sirkuit akan dilakukan mulai bagian sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh permukaan lintasan memenuhi standar MotoGP.

Sebelumnya telah dilakukan tes pramusim resmi MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit selama 3 hari ( 11-13 Februari 2022), yang menjadi saksi kembalinya kejuaraan dunia FIM MotoGP ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam 25 tahun.


Baca juga: Pembalap MotoGP Pun Diwajibkan Bersih-Bersih Trek Mandalika!


Uji coba lintasan selama tiga hari tersebut menjadi sangat berharga bagi pembalap, tim dan pihak penyelenggara, karena memberi kesempatan bagi seluruh pihak yang terlibat memperoleh pengalaman di sirkuit baru ini sebelum dimulainya Pertamina Grand Prix of Indonesia pada Maret 2022 mendatang.

Gambaran permukaan lintasan yang tertutup lumpur tipis tampak dari motor besutan Fabio Quartararo ini


Tes tiga hari ini juga memberikan peluang bagi penyelenggara dan lembaga pengatur balapan terkait untuk memastikan bahwa tempat penyelenggaraan balapan sesuai dengan standar MotoGP dan melakukan penilaian untuk peningkatan yang diperlukan sebelum debut Pertamina Mandalika Circuit di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP.


Baca juga: Aduh, Masalah Baru di Sirkuit Mandalika, Aspal Mengelupas Kerikil Berterbangan!


Beberapa masukan dari pembalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar safety-nya, termasuk area runoff yang luas, baik aspal maupun gravel, sangat positif.

Beberapa permukaan lintasan mengelupas sehingga kerikil berterbangan


Selama tes, dua area pembenahan telah diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi beberapa bagian dari sirkuit.


Baca juga: Dugaan Sebab Mengelupasnya Lintasan Sirkuit Mandalika


FIM, yang mengawasi homologasi track, terus berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai pembenahan yang diperlukan ini, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum dimulainya Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 20 Maret 2022.


Teks: Indramawan

Foto: ITDC, motogp.com