top of page
  • Gambar penulisEditor

Hasil Akhir MotoGP Spanyol 2023 yang Penuh Overtaking Keras, dan Penalti Kontroversial!

Francesco Bagnaia menangkan balap setelah duel keras melawan duo KTM, Brad Binder dan Jack Miller.

Dengan kemenangan di MotoGP Spanyol, dan insiden yang menimpa Marco Bezzecchi maka Bagnaia kembali berada di posisi teratas klasemen sementara MotoGP 2023.


OTOPLUS-ONLINE I Francesco Bagnaia akhirnya berhasil memenangkan MotoGP Spanyol yang penuh dengan aksi overtaking keras antar pembalap, hingga berujung penalti.


Jalannya balap sendiri masih diwarnai dominasi KTM yang memperlihatkan Brad Binder dan Jack Miller berada di barisan terdepan, seperti halnya yang terjadi pada Sprint race hari Sabtu kemarin. Dan Bagnaia kembali menjadi harapan Ducati, di tengah dominasi pembalap KTM tersebut.

Dua pembalap KTM, Brad Binder dan Jack Miller kembali mendominasi balap namun mendapat perlawanan keras dari Bagnaia-Ducati.


Bagnaia, pembalap juara dunia MotoGP 2022 ini dengan gagah berani memperebutkan posisi kedua dengan Miller, ketika Binder sudah jauh berada di depan.



Bagnaia pun melakukan aksi overtaking keras terhadap Miller, namun kemudian mendapat pemberitahuan dari FIM Steward untuk menyerahkan kembali posisi kedua kepada Miller ketika memasuki pertengahan balap.


FIM Steward menganggap Bagnaia melakukan unfair pass atau aksi menyalip yang tidak fair di tikungan 6.


Aksi overtaking keras juga terjadi ketika Miller menusuk ke bagian dalam Jorge Martin di tikungan terakhir, untuk merebut kembali posisi ketiga dari pembalap Ducati tersebut.


Martin pun geleng-geleng kepala melihat aksi Miller tersebut, tak lama tak lama setelah Bagnaia membiarkan pembalap Australia itu melewatinya.



Sayang pada sepuluh lap tersisa, Miller melebar sehingga Bagnaia bisa kembali ke urutan kedua. Sementara itu, Binder berada di depan dengan jarak 0,7 detik.


Memasuki putaran-putaran terakhir, Binder masih aman dari serangan Bagnaia ketika balap menyisakan empat putaran.


Namun Bagnaia terus mendekat, dan akhirnya berhasil melewati Binder di tikungan terakhir. Binder tidak menyerah begitu saja!


Dipersenjatai KTM RC16 yang tahun ini tampil mengerikan, Binder terus menempel Desmosesdici besutan Bagnaia dengan 2 lap tersisa.

Bagnaia selamat dari terkaman Brad Binder hingga bendera start dikibarkan.


Bahkan jarak kedua pembalap ini hanya selisih satu ban saja di tikungan terakhir lap terakhir. Tapi Bagnaia berhasil mengunci rapat jalur balapnya hingga bendera start dikibarkan, dan Binder harus puas di posisi kedua.


Sementara itu Miller hanya terpaut 0,8 detik dari Bagnaia untuk menempati urutan ketiga.

Selebrasi podium Bagnaia di posisi 1, Brad Binder posisi 2 dan Jack Miller posisi 3.


Dengan kemenangan ini, serta insiden yang menimpa Marco Bezzecchi dari VR46 Ducati, maka Bagnaia kini kembali berada di posisi teratas klasemen sementara MotoGP 2023.


Penalti Kontroversial

Fabio Quartararo berulah dan mendapat penalti berulang!


MotoGP Spanyol 2023 kali ini tak hanya penuh aksi overtaking keras, yang berujung penalti, dan cedera pembalap. Bahkan race director terpaksa harus mengibarkan bendera merah tanda balap harus restart.


Sama seperti pada Sprint hari Sabtu, insiden yang melibatkan banyak pembalap kembali terjadi di tikungan 2.

Selain memaksa dikibarkannya bendera merah, insiden ini juga menghasilkan penalti yang kontroversial.


Setelah Franco Morbidelli diberi long lap penalty untuk insiden di hari Sabtu, kali ini rekan setimnya di Monster Yamaha, Fabio Quartararo juga dikenai sanksi yang sama.


Ia dinilai menjadi penyabab insiden pada race hari Minggu ini. Pembalap Prancis itu terjatuh setelah terjepit di antara Marco Bezzecch dan Miguel Oliveira.


Bezzecchi tetap bertahan, tetapi Quartararo jatuh dan menjatuhkan Oliveira yang tidak beruntung. Oliveira pun harus dijemput ambulans dan kemudian didiagnosis mengalami dislokasi bahu kiri.



Penalti Quartararo ini tampak keras, tetapi keadaan menjadi lebih buruk ketika dia memotong garis putih luar saat melakukan long lap penalty... dan akibatnya ia diberikan lagi penalti!


Mulai dari urutan ke-16 MotoGP yang terburuk, Quartararo akhirnya finis kesepuluh.


Joan Mir, Alex Rins, dan Johann Zarco bergabung dengan Bezzecchi untuk tersingkir dari balap. Sementara kejadian apes dialami Maverick Vinales saat rantai motornya putus di lap terakhir.


Informasi lain, Enea Bastianini coba untuk kembali beraksi setelah absen karena cedera bahu pada Sprint race di putaran pertama MotoGP 2023. Namun ia mengundurkan diri pada Sabtu pagi, karena rasa sakit yang terus berlanjut.



Beralih ke Marc Marquez, pembalap Repsol Honda ini melewatkan balapan ketiganya berturut-turut karena cedera tangan yang dideritanya saat bertabrakan dengan Miguel Oliveira di Portimao.


Di MotoGP Spanyol ini, Marquez, sang juara dunia delapan kali tersebut digantikan oleh pembalap Honda WorldSBK Iker Lecuona, yang membalap di MotoGP untuk KTM Tech3 selama musim 2020 dan 2021 lalu dengan finis terbaik di posisi keenam.


Sementara itu, pemenang MotoGP 31 kali, Dani Pedrosa juga kembali balapan dengan status sebagai pembalap wild card KTM.


Ini adalah penampilan grand prix pertama Pedrosa sejak Austria 2021, dan pertama di Jerez sejak musim penuh waktu terakhirnya, di Repsol Honda pada 2018.


Sementara itu, Pol Espargaro terus pulih dari beberapa cedera di Portugal dan kembali digantikan di Tech3 oleh sesama pembalap tes KTM Pedrosa, Jonas Folger.





Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

Comments


bottom of page