• Editor

Isuzu Trooper II 2-Pintu 1985 Ini Masih Sepenuhnya Asli dan Utuh!

Odometer menunjuk angka 171.000 mil, namun penjual menyatakan kondisinya hampir seperti baru, dan semuanya berfungsi baik.

OTOPLUS-ONLINE I Hasil penelusuran kami di website resmi Bring A Trailer, platform lelang digital, Bring A Trailer yang berkantor di San Francisco, California, sejak 2016 sampai 2021 ini, mereka telah melelang 17 unit Isuzu Trooper.


Dari semua unit yang telah mereka lelang, dua unit paling tua adalah Isuzu Trooper II 5-Speed 1986. Salah satunya, telah kami ulas beberapa waktu lalu.


Untuk itu, editor BaT memberikan apresiasi kepada Isuzu Trooper II 2-Pintu 1985 yang pernah ditawarkan di eBay di San Diego, California. Sayang, kami gagal telusuri link yang diberikan.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Kisah 20 Tahun Lebih Bersama Si Polisi Hutan


Alasannya, kondisi Trooper II itu sangat terawat dan istimewa, sehingga mereka memberikan catatan khusus. Sebagai informasi, Trooper sendiri mulai dipasarkan di Amerika pada tahun 1984.


Jadi tak ada salahnya kita simak, sekaligus sebagai referensi, mengingat kondisi Trooper ini masih sepenuhnya asli dan utuh!


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Berjasa Sukseskan PON XI Jakarta 1985


Odometer menunjukkan SUV ini dikendarai selama 171.000 mil atau sekitar 275.197 Km (data ini didapat pada 22 Juni 2012), namun penjual menyatakan bahwa kondisinya hampir seperti baru, dan semuanya berfungsi dengan baik.

Cat aslinya pun masih tampak mengkilat, dan interiornya tampak dalam kondisi sangat bersih. Penjual juga menyatakan bahwa jok bebas dari robekan.


Bahkan tidak disebutkan ada karat yang ditemukan, meskipun pernyataan ini harus diperiksa dengan hati-hati.


Bentuk Trooper II yang kotak dan tanpa embel-embel memberikan tampilan yang bersih. Jendela geser belakang yang besar merupakan detail desain yang sangat keren, meskipun mungkin terlihat kuno bahkan untuk tahun 1980-an.


Baca juga: Isuzu Trooper II Turbodiesel 5-Speed 1986 Ini Terjual Rp243 Juta di Platform Lelang Digital


Trooper II ini juga memakai pelat California biru dengan bingkai Salinas Valley Isuzu, jadi sepertinya sudah ada di California sejak baru.


Sesuai dengan fungsi karakter pertama Trooper, interiornya sangat bersih dan sederhana. Tidak ada satu detail desain pun yang berlebihan.


Penjual menambahkan bahwa kursi belakang yang sangat dasar juga dapat dilipat, dan dapat dilepas dalam hitungan detik untuk memperluas ruang kargo. AC-nya juga dingin menurut penjualnya.

Motor kecil 4 silinder 1.9L dikatakan dapat berjalan dan idle dengan lancar. Ujung atas mesin telah dibangun kembali, meskipun penjual tidak menyebutkan kapan atau berapa mil yang lalu.


Tongkat persneling 4-percepatan dikatakan dapat digeser dengan baik, remnya baru, dan semua kelistrikan berfungsi dengan baik.


Seperti yang disebutkan penjual, ada ruang yang cukup besar di bawah kap, sehingga perbaikan mesin bisa dilakukan dengan mudah.


Baca juga: Isuzu Trooper Bighorn Irmscher-R Turbodiesel 1989 Ini Super Langka


Trooper II mungkin tidak akan pernah mencapai status legendaris seperti halnya Land Rover atau Land Cruiser. Namun mobil ini, entah bagaimana berhasil menghindari kerusakan akibat usia saat masih dikendarai, sehingga menjadikannya istimewa bagi pecinta 4x4 klasik.


Teks: Indramawan

Foto: BaT