top of page
  • Gambar penulisEditor

Kenapa All New Toyota Avanza Selalu Laris? Berikut Ini Hasil Test Drive Kami

OTOPLUS ONLINE pilih jajal All New Toyota Avanza varian 1.5G CVT karena eksterior dan kelengkapan fitur paling pas untuk keluarga.

OTOPLUS-ONLINE I Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang diselenggarakan 16 – 26 Februari 2023 lalu, Toyota berhasil meraih 1.947 SPK dimana 26,4 persen di antaranya disumbang duet All New Avanza dan Veloz yang masing-masing berkontribusi sebanyak 331 unit dan 184 unit.


Kontribusi All New Toyota Avanza terhadap penjualan produk Toyota selalu konsisten jadi mayoritas. Dari data GAIKINDO tahun lalu, sepanjang 2022 (Januari-Desember) Toyota All New Avanza terjual sebanyak 52.752 unit.



Dari 5 varian All New Avanza (1.3E MT, 1.3E CVT, 1.5G MT, 1.5G CVT dan 1.5G CVT TSS), varian 1.5 G jadi favorit, di mana tipe manualnya terjual sebanyak 20.381 unit dan tipe CVT laku 14.602 unit.


Berikut kelebihan dan kekurangan All New Avanza yang membuatnya jadi pilihan banyak orang di Indonesia.

Sengaja OTOPLUS ONLINE ulas varian 1.5G CVT yang harga OTR -nya Rp 286.911.000 (Auto2000 Jemursari Surabaya) yang punya tampilan eksterior dan kelengkapan fitur di kabinnya menurut kami paling pas untuk jadi kendaraan andalan keluarga sehari-hari.


Kelebihan

Tampang Ganteng

  • Paduan lampu sipit dipadu gril raksasa seperti Toyota Sienna, big MPV Toyota untuk pasar AS

Harus diakui kalau generasi terbaru Avanza ini ganteng dan futuristik. Headlamp LED sipit yang dipadukan gril raksasanya masih terlihat padu dengan foglamp yang diposisikan sangat tinggi,


Desain All New Avanza agaknya terinspirasi wujud Sienna, big MPV Toyota yang dibuat khusus untuk pasar AS.

  • Posisi foglamp tinggi, aman dari banjir tapi kurang efektif fungsinya sebagai lampu kabut

Walau terlihat besar, dimensi All New Avanza yang 4.395mm x 1.730mm x 1.690mm sebenarnya bisa dikategorikan kompak sehingga masih lincah dipakai bermanuver di jalanan kota yang padat atau jalan gang yang sempit.


Fleksibilitas Kabin

  • Bikin si kecil menikmati perjalanan jauh

Sasis TNGA memungkinkan ruang interior All New Avanza dibuat semakin lega. Tak hanya kelegaan kabin, aspek fungsional dan fleksibilitasnya juga menonjol.

  • Jok baris pertama dapat disatukan dengan jok baris kedua

  • Jok baris kedua juga dapat disatukan dengan jok baris ketiga

  • Bila tidak digunakan, sandaran di jok baris kedua dapat dialihfungsikan menjadi arm rest

  • Ada kompartemen penyimpanan tambahan di dasar lantai bagasi, bisa digunakan untuk menyimpan sepatu atau lainnya

Pengaturan jok misalnya, sudah dilengkapi fitur sofa mode yang memungkinkan jok baris pertama dan kedua atau baris kedua dan ketiga disatukan menjadi sebuah sofa. Jadi bisa buat camping.


Fitur

  • Auto retractable outer mirror

  • Roda 16 inci dengan ban 195/60R16

Untuk eksterior, varian G sudah dilengkapi dengan foglamp, LED rear combination with backdoor lamp, auto retractable mirror, pelek alloy 16 inci dengan finishing dual tone.


Interiornya paling istimewa tentu fitur pleasant long sofa mode yang kami sebutkan di fleksibilitas kabin.

  • MID juga dapat menampilkan posisi roda depan

  • Head unit dengan touchscreen 9 inci

Head unit-nya model touchscreen 9 inci yang dapat terkoneksi ke smartphone lewat Bluetooth,T-Link atau M-Toyota. Sementara pada panel instrumen, varian G mendapat MID TFT 4,2 inci yang menampilkan beragam informasi seputar kendaraan.

  • Steering switch control untuk mengatur sistem audio dan telefoni

Berada di balik kemudi Avanza kini makin nyaman karena setirnya telah dilengkapi dengan fitur tilt & telescopic steering.

  • AC digital

  • Dibekali dengan USB slot untuk pengisian daya gadget

  • Aspek kepraktisan dan fungsionalitas sangat menonjol di mobil ini

Beda jauh kenyamanan mengemudinya jika dibandingkan Avanza lama yang untuk pengemudi berbodi jangkung ketika memundurkan joknya, setir kejauhan buat dijangkau.


Transmisi D-CVT

  • Secara signifikan D-CVT membuat Avanza semakin nyaman dan irit BBM

Generasi terbaru Avanza ini sudah mengadopsi platform baru Toyota New Global Architecture yang menghadirkan rasa berkendara lebih mantap, aman dan nyaman.


Dengan penggerak roda depan, transmisi otomatis yang disematkan bukan lagi model torque converter 4 percepatan seperti pendahulunya melainkan Continuously Variable Transmission (CVT) yang membuat proses akselerasi dan deselerasi terasa gradual dan halus.



Kelebihan lain, konsumsi BBM lebih efisien karena memungkinkan putaran mesin selalu dijaga berputar serendah mungkin.


Keistimewaan D-CVT yaitu pada penambahan planetary gear yang digabungkan dengan pulley set dan sabuk baja. Mekanisme kerjanya, sejak mulai bergerak sampai kecepatan menengah D-CVT akan berulah seperti CVT pada umumnya.


Nah ketika mobil melaju di kecepatan tinggi, beban kerja transmisi akan diumpan ke rangkaian gigi tambahan dan planetary gear. Untuk rasa berkendara lebih sporty, Toyota juga membekali D-CVT Avanza dengan mode manual.


Konsumsi BBM

  • Tak perlu repot untuk menorehkan raihan konsumsi BBM rata-rata seperti ini

Transmisi otomatis gak kemudian boros. Buktinya All New Avanza dengan CVT pada pemakaian di rute tol dengan kecepatan konstan 100 km/jam bisa mencatatkan konsumsi BBM 17,1 km/liter.



Sedangkan pada pemakaian di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam konsumsi BBM-nya 14,5 km/liter. Selama pengetesan kami menggunakan BBM beroktan 92 sesuai rekomendasi yang tertera di balik tutup tangki BBM.


Ground Clearance

  • Angka 205 mm menjadikan ground clearance Avanza menjadi salah satu yang tertinggi di kelasnya

Dengan jarak terendah ke tanah 205 mm memungkinkan MPV ini dibawa melewati jalan rusak atau genangan air yang masih banyak menghias jalanan Tanah Air khususnya di daerah pedalaman.



Toyota Astra Motor selaku produsen seakan mengantisipasi perilaku ekstrem pemilik mobil di Tanah Air tak hanya mendesain air intake setinggi kurang lebih 900 mm namun juga dengan memposisikan foglamp pada posisi yang tidak lazim, letaknya lebih tinggi dari sisi teratas roda.


Kekurangan

Kemampuan Menanjak

  • Mesin berkode 2NR-VE terbukti memiliki durabilitas kelas dewa tapi ngos-ngosan ketika dipakai nanjak

All New Avanza menggunakan mesin 2NR-VE seperti yang terpasang di Avanza Veloz atau Avanza 1.5G sebelumnya.


Bedanya mesin berkapasitas 1.496 cc dengan tenaga 107 PS atau 105,5 DK di All New Avanza dipasang secara transversal dengan penggerak roda depan.



Sebenarnya tenaga mesin cukup untuk menghela MPV dengan bobot kosong sekitar 1,1 ton ini. Masalahnya ketika dipakai menanjak, format penggerak roda depan yang dikombinasikan dengan CVT jelas bukan tandingan penggerak roda belakang bertransmisi otomatis konvensional yang lebih ngacir.


Agar aman, setiap akan melibas tanjakan harus diawali dengan mengambil ancang-ancang yang memadai agar tidak sampai jalan di tempat atau bahkan berjalan mundur.


Kualitas Material Interior

  • Desain sudah oke, kualitas material perlu ditingkatkan

Desain dasbor dan doortrim di All New Avanza tergolong modern dan fungsional kurangnya material plastik kurang sepadan dengan desain yang disuguhkan, bahan plastiknya terkesan murah meski terasa cukup solid.


Pilihan Warna

  • Toyota sebenarnya bisa mengedukasi masyarakat tentang pilihan warna dengan menawarkan pilihan warna lebih banyak, jangan mau main aman terus

All New Avanza dihadirkan dengan warna konservatif yang membosankan yaitu Purplish Silver, Grey Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic, White. Sangat jelas kalau Toyota suka main aman.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page