top of page
  • Gambar penulisEditor

Marc Marquez Jatuh-Bangun Jajal Sasis Kalex Pertama Kali di FP1 dan FP2 MotoGP Prancis 2023

Komentar Marc Marquez yang come back setelah absen selama 3 putaran, dan langsung jajal sasis Kalex pesanan Honda.

OTOPLUS-ONLINE I Sorotan media pada MotoGP Prancis ini terfokus pada kembalinya Marc Marquez yang come back setelah absen selama 3 putaran, dan langsung menjajal sasis (rangka berikut swingarm) baru buatan Kalex.


Sebelumnya, pada tes resmi bersama yang digelar di Jerez, tester Honda, Stefan Bradl alami insiden cukup parah ketika menjajal rangka Kalex tersebut bersama dengan paket aerodinamika baru.


Sementara Joan Mir, pembalap Repsol Honda rekan satu tim Marquez, gagal mencobanya setelah alami masalah teknis pada motornya saat tes di Jerez tersebut.


Dengan kondisi yang masih tanda tanya, Marc Marquez dan Joan Mir kini, di MotoGP Prancis harus menjajal sasis Kalex ini.



Inilah kemudian yang menjadi sorotan media, seperti apa performa sasis terbaru Kalex? Hasilnya Marc Marquez 'lagi-lagi' jatuh, baik di FP1 maupun FP2!


Dari dua kecelakaan yang dialami Marquez ini, yang kedua dan terjadi di penghujung sore adalah yang paling substansial, membuat rangka Kalex-nya berguling-guling di atas kerikil.


Kecelakaan itu terjadi saat Marquez masuk ke tikungan 9 yang berkarakter cepat, dan saat ia berjuang untuk tetap berada di dalam sepuluh besar di lap terakhirnya. Meski demikian Marquez mengatakan, itu adalah risiko yang diperhitungkan.

“Saya P8, jadi saya terus coba mem-push motor dan berkata, 'Oke, saya akan coba tingkatkan waktu putaran, karena jika seperti ini terus maka saya akan berada di Q2."


Marquez melanjutkan, “Saya tahu bahwa 90% pembalap akan santai dan selangkah demi selangkah (saat mereka pertama kembali balap setelah cedera), tapi saya tidak seperti itu.”


“Jika saya kembali, itu karena saya siap untuk balapan, siap untuk mem-push, siap untuk bekerja untuk tim dan mengendarai motor sampai pada limit-nya!"



Tentu saja, saya bisa setengah detik lebih lambat seperti Honda lainnya, dan terdepak dari Q2, tapi itu bukan cara saya. Cara saya adalah dengan terus mem-push motor.”


“Saya sangat senang dengan hasil hari ini. Saya mengalami dua crash. Bagi saya, yang kedua adalah normal dalam balapan. Anda mem-push motor dengan ban baru, dan targetnya adalah mencoba berada di Q2, dan saya senang."


“Tapi insiden jatuh yang pertama mungkin tidak perlu, dan harusnya bisa saya hindari. Tapi sejujurnya, setelah satu setengah bulan berbaring di rumah, sangat sulit bagi saya untuk mengeluarkan segenap kemampuan, untuk bisa cepat, merasakan ban, merasakan segalanya."


“Dan di MotoGP, pilihan ban tidak begitu bagus. Karena alasan itu saya keluar di pagi hari dengan ban depan medium, dan kemudian saya jatuh dengan ban depan medium itu. Itulah alasan utama saya alami kecelakaan pertama itu."



“Kami mencoba kedua sasis. Itu adalah hari yang sibuk, karena setiap kali saya pergi ke trek, motornya berbeda, sasis berbeda, gaya berkendara berbeda, cara mendekati tikungan berbeda. Tapi itu adalah waktu untuk melakukannya, dan itu positif."


“Sekarang kami perlu menganalisis beberapa hal, tapi besok mungkin kami akan terus menggunakan sasis Kalex, untuk mencoba memahami filosofi yang berbeda ini."


“Karena ada beberapa poin negatif, beberapa positif, tapi coba serap poin negatif itu untuk mencoba lebih cepat lagi. Harus saya katakan, kita masih jauh dari yang teratas…”


“Kami masih kalah terlalu banyak. Kami harus berani menginjak rem sedekat mungkin dengan tikungan, karena kami kalah dalam hal akselerasi, dan di trek lurus."



“Karena alasan itu, (semua Honda) kami terlalu sering menabrak. Tapi oke, ini adalah cara untuk terus berjalan, dan saya adalah pembalap yang akan terus berusaha untuk mencoba memahami apa yang akan terjadi.”


Bagaimana dengan Joan Mir, yang juga memiliki satu sasis Kalex di pit box-nya. Mir memulai hari dengan posisi keenam yang kompetitif tetapi turun kembali ke urutan ke-18 pada sore hari.


“Kami mencoba sasis baru di pagi hari dan saya merasa sedikit lebih baik,” kata Mir. “Saya bisa berkendara dengan lebih nyaman tetapi cukup berbeda. Jadi kami harus sedikit menyesuaikan motor dan diri saya sendiri dengan gaya baru."


Sementara itu, pembalap LCR Honda Alex Rins dan Takaaki Nakagami, yang tidak memiliki sasis Kalex, berada di urutan ke-13 dan ke-15.



Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

Comments


bottom of page