top of page
  • Gambar penulisEditor

Mercedes-Benz Pertahankan Posisi Pertama di Segmen Mobil Premium

Penjualan Mercedes-Benz meroket 48 persen pada semester pertama dari Januari hingga Juni 2021.

OTOPLUS-ONLINE I Mercedes-Benz Distribution Indonesia telah mengirimkan 1.235 unit kendaraan pelanggan di Indonesia selama semester pertama 2021, ini merupakan kenaikan sebesar 48 persen dari Januari hingga Juni 2021.


Dengan raihan tersebut Mercedes-Benz pun berhasil mempertahankan posisi pertama di segmen premium dengan pangsa pasar sebesar 41,9 persen.



“Melihat situasi saat ini, kami sangat bangga dengan pencapaian penjualan di semester pertama 2021. Permintaan pelanggan yang tinggi terhadap model-model kendaraan Mercedes-Benz mendorong pertumbuhan kami dari bulan Januari hingga Juni mencapai dua digit," ujar Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

New S Class yang diperkenalkan Mei lalu berperan ikut mendorong pertumbuhan penjualan MBDI


Ditambahkannya, perkenalan model-model terbaru seperti New S-Class, A-Class Sedan dan GLA telah meningkatkan minat para pelanggan.


Pada semester pertama tahun ini, Mercedes-Benz telah meluncurkan lima model baru. Di bulan Januari, C-Class Final Edition diperkenalkan pertama kalinya kepada publik.



Kemudian diikuti oleh New Mercedes-AMG CLA 45 S 4MATIC+ Coupé di bulan Maret serta New S-Class di bulan Mei. Pengiriman unit New S-Class kepada pelanggan telah dimulai di bulan Juni 2021.


New A-Class Sedan dan SUV kompak New GLA yang dirakit secara lokal telah dimulai pada bulan ini dan diperkirakan akan dikirimkan ke pelanggan mulai bulan Agustus 2021.



Dengan perkenalan model Compact Cars terbaru, Mercedes-Benz saat ini menawarkan 8 model rakitan lokal. Sedan A-Class, C-Class, E-Class, dan S-Class, serta segmen SUV seperti GLA, GLC, GLE, dan GLS dirakit secara lokal di pabrik PT Mercedes-Benz Indonesia yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.


Penjualan kendaraan penumpang Mercedes-Benz dari bulan Januari hingga Juni 2021 telah menunjukkan tren yang sangat kuat oleh pelanggan terhadap model SUV (51%), yang diikuti dengan sedan (43%), serta van dan hatchback (6%). Ketiga model paling laris terdiri dari C-Class (18%), GLE (15%), dan E-Class (12%).

AMG G63 merupakan salah satu kontributor utama kinerja sub brand Mercedes-AMG


Kinerja sub brand Mercedes-AMG juga menunjukkan tren peningkatan penjualan sebesar 13 persen dari bulan Januari hingga Juni 2020, dimana model AMG GLE 53 Coupé and AMG G 63 menjadi kontributor utamanya.


“Enam bulan pertama tahun 2021 telah menjadi sebuah tantangan bagi kita semua. Akan tetapi, kami akan tetap optimis dalam beberapa bulan kedepan seiring dengan kami terus melakukan inovasi produk dan layanan kepada pelanggan kami," jelas Choi Duk Jun.



"Nilai tinggi pada Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) juga menunjukkan indikator positif terhadap layanan kami serta Best-Customer-Experience. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan dan mitra dealer atas kepercayaan dan pencapaian di semester pertama tahun 2021,” tuturnya.

V-class terbaru dengan captain seat akan diperkenalkan pada kuartal ketiga tahun ini


Pada kuartal ketiga tahun ini, Mercedes-Benz akan memperkenalkan model-model yang diperbarui dan total baru, seperti V-Class baru dengan captain seat yang dirancang baru dan All-new Sprinter.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Mercedes-Benz, Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page