top of page
  • Gambar penulisEditor

Profil Veda Ega Pratama, Pembalap Cilik Gunung Kidul Peraih Podium 3 IATC 2022 Qatar

Pembalap termuda di IATC 2022 yang sebelumnya latihan di pasar hewan, dan putra dari pembalap nasional Sudarmono.

OTOPLUS-ONLINE I Nama Veda Ega Pratama sontak jadi sorotan media dan para pemerhati balap seiring keberhasilannya mengibarkan bendera merah putih di Race 2 Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang digelar di Lusail International Circuit, Qatar pada 5-6 Maret 2022 lalu.


Tak hanya mempertontonkan gaya balapnya yang agresif sekaligus konsisten, Veda yang start dari posisi ke-7 juga sempat menunjukkan aksi penyelamatan yang sempurna saat hampir terjatuh di tikungan hingga mengingatkan pada Marc Marquez.


Berikut ini profil Veda Ega Pratama dan beberapa fakta menarik dikutip dari Instagram @vedaegapratama:

  • Nama: Veda Ega Pratama

  • Tempat/Tanggal Lahir: Wonosari, Gunung Kidul, DIY/23 November 2008

  • Usia: 13 tahun

Fakta menarik:

Veda Ega Pratama adalah putra dari pembalap nasional, Sudarmono dan Melina. Ia adalah pembalap binaan AHM Honda yang mendapat predikat Best Student Astra Honda Racing School (AHRS) 2019.


Pada tahun 2019 dan 2021, Veda Ega Pratama telah mengikuti kejurnas OnePrix. Ia biasa berlatih di Pasar Hewan Siono Harjo Playen, yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.



Veda Ega Pratama tercatat sebagai pembalap termuda di ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022, dan ia berhasil meraih podium ke-3 di race 2 IATC Lusail, Qatar 2022.


Pada seri perdana ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang dihelat di Lusail International Circuit, Qatar, 5-6 Maret 2022 lalu, Veda start dari posisi ke 7.


Ia berjuang menghadapi persaingan yang sangat kompetitif, bersaing dengan pembalap asal Jepang, Amon Odaki dan Shinya Ezawa, hingga akhirnya berhasil menyentuh garis finish di posisi ketiga. Ia finis di belakang Hamad Al-Sahouti dari Qatar di posisi kedua, dan Amon Odaki dari Jepang di posisi pertama.



“Sungguh balapan yang luar biasa. Belajar dari race pertama kemarin, saya berusaha tenang agar tetap berada di barisan terdepan. Saya sangat senang berhasil merah podium di race kedua ini,” ujar Veda dilansir dari situs resmi Astra Honda Motor (AHM).


"Terima kasih kepada PT Astra Honda Motor, keluarga, serta pecinta balap di Indonesia. Semoga modal podium ini menjadi awal yang baik untuk semakin motivasi saya untuk tampil lebih baik lagi di putaran berikutnya."



Sebagai info, seri pertama ajang balap IATC 2022 dihelat sebanyak dua putaran pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 dan putaran kedua di hari Minggu, 6 Maret 2022.


Pada putaran pertama Reykat Yusuf Fadilah dan Muhammad Diandra Trihardika berhasil menyelesaikan balapan sebanyak 14 lap dengan masing-masing finis di urutan ke-8 dan ke-10. Sementara Veda Ega Pratama dan Aan Riswanto gagal finish pada putaran pertama karena terjatuh.



Seri kedua IATC 2022 akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Indonesia), dan diikuti oleh 20 pembalap muda hasil seleksi ketat dari seluruh negara di Asia sebagai bagian dari program penjenjangan menuju MotoGP.


Teks: Indramawan

Foto: Asia Talent Cup, Instagram @vedaegapratama

bottom of page