• Editor

Sikapi Maraknya Curanmor, Yamaha Jatim Tekankan Pentingnya Keyless System

Keyless system lebih susah dibobol, dibanding kunci kontak biasa yang sering dirusak pelaku dengan kunci T.

OTOPLUS-ONLINE I Yamaha Jatim menunjukkan perhatian yang besar pada maraknya kasus curanmor akhir-akhir ini.


Seperti diberitakan pada hari ini, 4 Agustus 2021, Polda Metro Jaya mengungkap sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang beroperasi sejak 2012, dan baru sekarang ini tertangkap.


Pada kesempatan itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Yusri Yunus menyampaikan Modus Operandi (MO) yang biasa dilakukan pelaku.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Yusri Yunus sampaikan MO sindikat curanmor yang beroperasi sejak 2012, dan baru sekarang tertangkap (4 Agustus 2021) / Foto: Humas Polri


"Pertama ada jokinya, kemudian ada juga pemetiknya, biasanya mereka berpatroli di tempat yang sepi yaitu di perumahan, ruko-ruko dan waktu malam hari agak pagi dengan melihat kendaraan yang terparkir di sembarang tempat," jelas Kombes. Pol. Yusri Yunus seperti dikutip dari laman resmi Humas Polri.


Baca juga: Panduan Yamaha Y-Connect (1): Cara Menghubungkan Ponsel dengan Motor


"Ada yang berperan sebagai pengawasnya, kemudian nanti mereka bermain menggunakan kunci T dan melarikan diri jika motor sudah berhasil diraih,” imbuh Yusri Yunus.


Belajar dari kasus pencurian motor yang sudah bukan menjadi suatu hal yang mengejutkan lagi, pabrikan motor berusaha untuk menghindarkan motor dari kemungkinan dicuri.


Salah satu fitur terkini yang coba ditawarkan sebagai solusi adalah keyless system.


Baca juga: Panduan Yamaha Y-Connect (2): Mengenal Fitur-Fitur Apa Saja yang Dimiliki


Seperti yang dituturkan William Saputra selaku manajer promosi Yamaha Jatim, “Fitur keyless pada sepeda motor memang masih tergolong teknologi baru. Yamaha tentu saja sudah memiliki sistem ini, salah satunya di motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS.”

Pada press release yang dikeluarkan terkait maraknya curanmor ini, Yamaha Jatim menyampaikan bagaimana cara kerja sistem keyless ini.


Kunci berupa remote ini akan terdeteksi dalam radius satu meter. Ketika kunci remote ini berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor akan mati, dan akan langsung terkunci. Sebaliknya, jika kunci remote ini terdeteksi, pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.


Itulah kenapa sistem keyless ini lebih susah untuk dibobol, jika dibandingkan dengan sistem kunci kontak yang seringkali dirusak dengan kunci T, seperti yang disampaikan Yusri Yunus dalam kasus sindikat pencurian curanmor yang beroperasi sejak 2012, dan baru sekarang tertangkap ini.


Baca juga: Panduan Yamaha Y-Connect (3): Bisa Tahu, Kapan Waktunya Perawatan dan Perbaikan Motor


Semakin aman, karena keyless system pada NMAX 155 Connected/ABS juga bisa disambungkan ke aplikasi Y-Connect. Dalam aplikasi Y-Connect, pengguna dapat melihat posisi parkir terakhir saat terkoneksi dengan smartphone.


Di samping aman karena dapat menyalakan mesin tanpa kunci, fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mencari posisi parkir motor, dan meminimalisasi kemungkinan pencurian dengan tambahan fitur Answer Back System.


Selain aman, sistem keyless ini juga sangat praktis. Hal ini dikarenakan pengguna tak perlu memasukkan anak kunci saat ingin menyalakan mesin motor. Adanya kunci keyless juga bisa membantu dalam membuka tangki bensin dan bagasi.


Baca juga: Panduan Yamaha Y-Connect (4 - Habis): Gampang Aja Cari Motor di Parkiran


Tidak perlu khawatir juga lupa mengunci motor, karena motor dengan sistem keyless seperti NMAX 155 Connected/ABS ini bisa mengingatkan juga, jika sepeda motor tidak dikunci dan pengendara menjauh. Peringatan ini berupa bunyi sebagai penanda.


Teks: Indramawan

Foto: Dok. Otoplus-Online, STSJ