• Editor

Berangkatkan Parade MotoGP, Presiden Jokowi Lemas Tak Diizinkan Ikut Konvoi

"Saya sudah sampaikan tadi, saya tidak naik motor. Tidak diperbolehkan dari sisi keamanan," kata Jokowi.

OTOPLUS-ONLINE I Untuk mempromosikan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit pada 18-20 Maret 2022 mendatang, hari ini, Rabu, 16 Maret 2022 terlebih dahulu digelar parade pembalap MotoGP di Jakarta.

Pihak Dorna Sport menjelaskan bahwa kehadiran para pembalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia.

“Dan ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerja sama. Oleh karena itu, sebagai respek kami, para pembalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo besok. Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktunya Bapak Presiden,” ucap Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet RI pada Selasa, 15 Maret 2022 kemarin.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan pembalap MotoGP ini di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 16 Maret 2022 hari ini. Para pembalap tiba sekitar pukul 09.30 WIB dan diterima langsung oleh Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka.

Presiden sempat menerima dan berbincang santai dengan para pembalap, dan mengatakan bahwa kehadiran mereka sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

Menanggapi hal ini, salah satu pembalap yang hadir, Marc Marquez, menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi yang telah menerima kunjungan para pembalap dengan ramah dan menyenangkan.


Baca juga: Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2022 Jadi Perhatian Besar Presiden Jokowi


“Tentu ini sangat menyenangkan dan Bapak Presiden menerima kunjungan kami dengan baik,” ujar Marc Marquez yang merupakan pembalap dari Repsol Honda Team.

Marquez juga menyebut bahwa para pembalap MotoGP sudah sangat menantikan untuk mengikuti balapan di Sirkuit Mandalika. Ia pun mengaku tidak sabar untuk balapan langsung di hadapan para penggemar MotoGP yang ada di Indonesia. “Kami menantikan balapan di depan penggemar kami di Indonesia,” ucapnya.


Baca juga: Glamping Jadi Akomodasi Alternatif Murah dan Nyaman untuk Nonton MotoGP Mandalika 2022


Senada, Joan Mir, pembalap Suzuki Ecstar Team, turut menyatakan kegembiraannya bisa bertemu dan menyapa langsung Presiden Jokowi. Ia juga mengaku sangat menikmati pertemuan tersebut.


“Saya merasa sangat bersemangat. Senang bisa bertemu dan menyapa langsung Bapak Presiden,” ujar Joan Mir.


Selain itu, Mario Aji, pembalap Honda Team Asia, juga mengapresiasi pertemuan para pembalap MotoGP dengan Presiden Jokowi. Menurutnya, pertemuan tersebut bisa menjadi motivasi bagi para pembalap sebelum bertanding di MotoGP 2022.

“Sangat luar biasa, apresiasi untuk Bapak Presiden sudah mengundang rider Indonesia yang juga berjuang untuk mengharumkan nama bangsa, Mario tentu saja jadi bisa termotivasi lah untuk menjalankan balapan minggu ini,” ujar Mario.


Baca juga: Mario Suryo Aji, Rider Asal Magetan Balapan di Dua Seri Moto3 World Championship 2021


Mario pun meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar pembalap Indonesia yang ikut berjuang dalam ajang MotoGP 2022 bisa memberikan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.


“Mohon doa dan dukungan untuk rider Indonesia, semua rider agar bisa mengharumkan nama bangsa dan tentunya kami memberikan yang terbaik nanti,” ungkapnya.


Baca juga: Khofifah Jajal Sirkuit Mandalika Bersama Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Magetan


Setelah berbincang santai selama kurang lebih 10 menit, para pembalap satu per satu masuk ke ruang kredensial untuk melakukan sesi foto bersama Kepala Negara.

Pada salah satu kesempatan, Presiden Jokowi juga sempat menunjukkan motor miliknya kepada para pembalap.

Bahkan, Presiden Jokowi dan para pembalap berfoto bersama di depan motor custom buatan builder Tanah Air milik Kepala Negara.

Usai sesi foto bersama, para pembalap MotoGP kemudian menuju motor masing-masing untuk melakukan kegiatan parade yang mengangkat tema Pertamina Grand Prix of Indonesia: 'Energy to Speed Up Parade.'

“Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang sudah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” ujar Presiden.

Parade yang digelar dalam rangka pelaksanaan promosi Mandalika MotoGP 2022 tersebut dilepas langsung oleh Presiden Jokowi dengan menggunakan chequered flag atau bendera balap, di halaman depan Istana Merdeka.

Presiden berharap perhelatan balap motor akbar tersebut bisa menjadi jenama (brand) baru bagi Indonesia.


Baca juga: Presiden Jokowi: Kru dan Tim Peserta MotoGP Mandalika Tak Perlu Karantina


Terkait parade itu sendiri, sebanyak 500 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan arus lalu lintas selama rombongan parade MotoGP dengan rute sepanjang jalan MH Thamrin hingga Bundara HI.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, di luar 20 pembalap itu, ada juga di belakangnya 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia. "Sehingga kurang lebih total 80 pembalap yang mengikuti parade," terang Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dikutip dari portal berita Polda Metro Jaya.


Untuk itu, arus lalu lintas satu arah dari arah Gambir menuju istana hingga Bundara HI telah ditutup sejak pukul 08.30 WIB.


Presiden Jokowi Mengaku Dirinya Lemas

Meski telah bertemu dan melepas para pembalap MotoGP, Jokowi mengaku dirinya masih merasa lemas.

Hal ini dikarenakan dirinya tak diizinkan untuk mengendarai motor mengikuti konvoi parade tersebut.

"Saya sudah sampaikan tadi, saya tidak naik motor. Tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemas karena itu," kata Jokowi.

Bukan hal yang baru lagi kalau Presiden Jokowi ini dikenal suka berkendara dengan motor. Bahkan sebelumnya pun saat meninjau kesiapan sirkuit Mandalika pada Kamis, 13 Januari 2022 lalu, Presiden juga melakukan turing mengendarai sepeda motor bersama rombongan.


Baca juga: Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 3): Tiba di Mataram Menuju Sirkuit Mandalika


Meski tak ikut menyemarakkan parade, Jokowi mengaku tetap akan mendukung ajang balap MotoGP tersebut. Jokowi direncanakan akan hadir dan menonton langsung pertandingan di sirkuit Mandalika, Lombok.


"Iya, saya akan lihat. Mungkin hanya satu hari saja ya, entah Jumat, Sabtu atau Minggu. Saya hanya (lihat) satu hari, enggak tahu (kapan)," ujar Presiden.


Teks: Indramawan

Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev, Lukas