• Editor

New Nissan Terra: Mesin Baru Kapasitas Lebih Kecil, Tapi Tenaga Lebih Besar!

Mesin diesel baru kapasitas 2.298 cc, 4 silinder segaris, DOHC, Twin Turbo Intercooler hasilkan tenaga 190 dk!

Selain tampilan eksterior dan interior, New Terra juga dibekali mesin baru yang lebih efisien dan lebih bertenaga

OTOPLUS-ONLINE I Nissan Thailand telah meluncurkan New Nissan Terra 19 Agustus 2021 lalu. Akankah Terra terbaru ini hadir di Indonesia?


Saat OTOPLUS-ONLINE menanyakan hal ini pada Julian Olmon selaku Head of Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia, didapat jawaban, “Kita belum bisa info sekarang karena masih dipelajari.”


Well, sembari menunggu kehadirannya, kita intip dulu yuk keunggulan yang ditawarkan oleh kompetitor Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero dan Isuzu MuX ini.

Harga

Isao Sekiguchi, President Director Nissan Motor Indonesia. New Terra lebih dulu diluncurkan di Thailand dengan harga mulai 1.199.000 Baht atau sekitar Rp 528 juta


Di Thailand, New Nissan Terra disodorkan dalam 3 pilihan varian yaitu E 2WD yang dihargai 1.199.000 Baht atau sekitar Rp 528 juta.


Baca juga: Plus-Minus Nissan Livina Pada Driving Experience Surabaya-Semarang Sejauh 822,3 Km


Lalu ada juga varian VL 2WD yang harganya 1.449.000 Baht atau sekitar Rp 638,5 juta, dan kemudian varian VL 4WD yang dibanderol Rp 660 juta.

Mesin Baru

Diuji melewati trench test berupa tanjakan dengan kemiringan 30 derajat.


New Nissan Terra kini menggunakan mesin diesel baru. Kapasitasnya lebih kecil, tepatnya 2.298 cc. Konfigurasinya 4 silinder segaris DOHC Twin Turbo Intercooler.


Baca juga: Uji Performa All New Nissan Magnite, Compact SUV 1.000 cc Turbo Surabaya-Jakarta PP


Tapi sangarnya, tenaga yang dihasilkan mencapai 190 dk! Angka ini lebih besar dibandingkan mesin 2.5 liter milik Terra sebelumnya yang menghasilkan tenaga hanya sebesar 178 dk.

Trek slippers-curve untuk menguji fleksibilitas sasis


Torsi yang dihasilkan juga melimpah, menyentuh 450 Nm yang didapat pada putaran cukup rendah yaitu di 1.500-2.500 rpm saja.


Baca juga: Test Drive Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik yang Katanya Nggak Perlu Dicas


Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan yang dilengkapi dengan mode manual sementara kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 78 liter. Enak nih bakal jarang mampir ke SPBU.

Desain dan Dimensi

Dimensinya sedikit lebih besar dari New Toyota Fortuner


Tampangnya kini terlihat lebih stylish dan premium dengan bahasa desain V-Motion yang mengesankan SUV ini terlihat lebih aerodinamis namun tetap gagah.

Bahasa desain V-Motion kini tampil lebih dinamis dan streamlined


Headlampnya sudah mengadopsi teknologi LED yang memiliki kemampuan pencahayaan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.


Baca juga: The All-New Nissan Leaf Berkarakter Tenang dan Halus, Tapi Bisa 0-100 Kpj dalam 7,9 Detik!


Mengamati dimensi, New Nissan Terra sedikit lebih bongsor dibandingkan New Toyota Fortuner 2.8. Panjangnya 4.890 mm dengan lebar 1.865 mm, dan tinggi 1,865 mm.

Ban berukuran 255/60 R18


Sementara sumbu rodanya ada di angka 2.850 mm sementara New Toyota Fortuner 2.8 dimensinya 4.795 x 1.855 x 1.835 mm dengan jarak sumbu roda 2.745 mm.

Fitur Kekinian

Monitor 11 inci di kabin belakang dengan input HDMI untuk konektivitas Smart TV


New Nissan Terra mengusung banyak fitur kekinian. Masuk ke kabin, penumpang akan disambut dengan desain interior baru yang nyaman dan stylish.


Baca juga: Komparasi All New Nissan Magnite 1.0L Turbo CVT Varian Upper dan Premium


Untuk varian VL interiornya berbalut kulit kombinasi dua warna dengan pilihan Black Burgundy atau Black Beige sedangkan untuk varian E kabinnya didominasi warna hitam dengan jok dibalut bahan fabric.

Kabin hening berkat ditanamnya teknologi Noise Reducing Acoustic Glass dan Noise-Cancellation


Nissan mengunggulkan sistem peredaman suara kabin di New Terra. Mereka menggunakan teknologi Noise Reducing Acoustic Glass di kaca depan dan samping selain itu juga teknologi noise-cancellation untuk memaksimalkan kenyamanan semua penumpangnya.

Posisi jok diatur menganut gaya teater sehingga memberikan pandangan leluasa bagi penumpang belakang


Masih tentang kenyamanan penumpang, posisi duduk didesain bergaya teater sehingga penumpang di belakang tetap mendapatkan pandangan leluasa ke depan.


Baca juga: All New Nissan Serena Highway Star Sangat Nyaman Diajak Berakhir Pekan Bersama


Varian VL dibekali sistem infotainment dengan monitor layar sentuh 9 inci yang sudah mendukung konektivitas dengan smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Instrument cluster dilengkapi layar TFT 7 inci yang diantaranya menginformasikan sudut inklasi yang sangat berguna saat melewati medan off-road


Panel instrument cluster di hadapan pengemudi dilengkapi dengan 3D Advanded Driver Assist TFT Display. Selain menginformasikan informasi-informasi umum, layar 7 inci tersebut juga menampilkan informasi tekanan ban, konsumsi bahan bakar baik rata-rata maupun real time, sistem 4x4 pintarnya sampai sudut inklinasi vertikal dan horisontal yang sangat berguna saat melewati medan off-road.

Wireless charging


Selain itu SUV berbobot 2.150 kg ini juga dilengkap banyak fitur lain seperti Auto Lift Gate, Electronic Parking Brake, 1-Touch Remote Fold & Tumble Second Row Seats, Intelligent Rear View Mirror, Wireless Charger, 11 inch rear monitor dengan input HDMI untuk konektivitas Smart TV.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nissan Thailand