• Editor

Porsche Hadirkan Cayenne Turbo GT, SUV Berperforma Tinggi

Mengusung mesin biturbo V8 empat liter bertenaga 471 kW (640 PS) yang disesuaikan dengan tingkat kegunaan sehari-hari yang tinggi.

Tersedia opsional dengan cat dalam warna Arctic Grey yang baru, Cayenne Turbo GT tersedia untuk dipesan sekarang, dan akan diluncurkan ke dealer pada pertengahan September 2021. Harga di Jerman mulai dari 196.078 euro (sekitar Rp3.4 miliar) termasuk PPN dan peralatan khusus negara.


OTOPLUS-ONLINE I Porsche melengkapi line up model Cayenne dengan hadirkan Cayenne Turbo GT. Sportcar ini menggabungkan dinamika berkendara yang maksimal, namun dengan tingkat kegunaan sehari-hari yang tinggi. Hal ini dimungkinkan lewat mesin empat liter bertenaga 471 kW (640 PS) biturbo V8 yang diusungnya.

Tugas pengereman dilakukan oleh sistem Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB) yang sesuai standar. Dibandingkan dengan Cayenne Turbo Coupé, Turbo GT lebih rendah hingga 17 milimeter.


Jika dibandingkan dengan Cayenne Turbo Coupé, Cayenne Turbo GT ini memiliki tenaga lebih besar 67 kW (90 PS), dan torsi maksimum 850 Nm (meningkat 80 Nm).


Baca juga: Ngopi Sembari Nyobain Macan, Cayenne & Cayman GTS


Sebagai info, Mesin biturbo Cayenne Turbo GT saat ini merupakan unit delapan silinder paling bertenaga di Porsche. Upgrade paling ekstensif dilakukan di bidang penggerak poros mesin, turbocharger, injeksi bahan bakar langsung, sistem induksi, dan intercooler.

Apron depan khusus GT dengan bibir spoiler yang mencolok dan intake udara pendingin samping yang diperbesar, yang menciptakan tampilan depan yang unik


V8 Turbo GT berbeda dari Turbo Coupé dalam elemen dasar seperti crankshaft, connecting rods, piston, timing chain drive, dan peredam getaran torsional. Mengingat peningkatan daya hingga 471 kW (640 PS), komponen ini telah dirancang untuk beban yang lebih tinggi dan dinamika berkendara yang lebih baik.


Baca juga: Porsche Cayenne Ini SUV Sultan! Harganya Ditentukan Fitur Yang Dipilih!


Tiptronic S delapan-percepatan perpindahan gigi lebih cepat dan sistem Porsche Traction Management (PTM) juga telah dimodifikasi.

Bibir spoiler belakang yang dapat diperpanjang secara adaptif, dan 25 mm lebih besar dari yang dipasang pada Turbo mampu meningkatkan downforce pada kecepatan tertinggi mobil hingga 40 kilogram


Ada juga pendingin air tambahan untuk kotak transfer. Sistem knalpot sport standar, dengan knalpot tengahnya, unik untuk Cayenne Turbo GT.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!


Dari bagian tengah kendaraan, sistem pembuangan, termasuk peredam belakang, terbuat dari titanium yang ringan dan terutama tahan panas. Penghematan berat tambahan dicapai melalui penghilangan peredam tengah.

Powertrain dan sasis juga memiliki pengaturan unik yang khusus disetel untuk Cayenne Turbo GT. Hasilnya adalah konsep keseluruhan yang harmonis dengan kemampuan racetrack yang luar biasa


Catatan sprint 0 - 100 km/jam yang dibuat Cayenne Turbo Coupé pun sukses dipangkas menjadi 3,3 detik (atau 0,6 detik lebih cepat). Sementara kecepatan tertinggi sekarang 300 km/jam atau meningkat 14 km/jam.

Porsche Communication Management (PCM) 6.0 sepenuhnya kompatibel dan terintegrasi dengan semua smartphone populer. Kursi sport dengan delapan pengaturan di depan, dan sistem kursi belakang sport dengan dua kursi adalah standar. Masing-masing hadir dengan spesifik perforated seat centre panels Alcantara, aksen kontras dalam Neodyme atau Arctic Grey, dan tulisan 'turbo GT' di sandaran kepala mereka.


Dengan garis yang lebih sporty dan tersedia secara eksklusif sebagai Coupé empat tempat duduk, Cayenne Turbo GT hadir dengan semua sistem sasis yang tersedia yang dipasang sebagai standar, dan ban performa tinggi yang dikembangkan khusus untuk model ini.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Roda Desain GT 22 inci di Neodyme mendominasi tampilan samping, dengan dibalut ban performa baru Pirelli P Zero Corsa 22 inci, yang khusus dikembangkan untuk Turbo GT lewat patch kontak yang lebih besar


Powertrain dan sasis juga memiliki pengaturan unik yang khusus disetel untuk Cayenne Turbo GT. Hasilnya adalah konsep keseluruhan yang harmonis dengan kemampuan racetrack yang luar biasa.

Atap karbon berkontur dan ekstensi lengkung roda hitam


Baca juga: Porsche 911 GT2 RS Manthey Performance: Mobil Jalan Raya Tercepat di Nürburgring


Hal ini telah dibuktikan oleh pebalap tes Porsche Lars Kern, yang mencatatkan rekor baru SUV resmi di Nürburgring Nordschleife 20,832 km dengan Cayenne Turbo GT dalam waktu 7:38,9 menit.

Kemampuannya telah dibuktikan pembalap sekaligus tester Porsche Lars Kern di sirkuit Nürburgring Nordschleife


Informasi penting lain yang kami dapat dari press release yang dikirimkan ke email redaksi adalah:


Cayenne Turbo GT NEDC:

Konsumsi bahan bakar gabungan: 11,9 l/100 km; Emisi CO2 gabungan: 271 g/km

WLTP:

Konsumsi bahan bakar gabungan: 14,1 l/100 km; Gabungan emisi CO2: 319 g/km


Cayenne Turbo Coupé NEDC:

Konsumsi bahan bakar gabungan: 11,6 l/100 km; Emisi CO2 gabungan: 264 g/km

WLTP:

Konsumsi bahan bakar gabungan: 14,1 – 13,5 l/100 km; Gabungan emisi CO2: 319 – 307 g/km


Teks: Indramawan

Foto: Porsche