top of page
  • Gambar penulisEditor

Suzuki Anjurkan Pemilik Mobil Lakukan Coating Cat, Ini Alasannya

Coating cat gunakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya.

OTOPLUS-ONLINE I PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menganjurkan para pemilik mobil untuk melakukan tambahan perawatan berupa coating cat mobil jelang musim hujan ini.


“Menghadapi musim hujan, pengendara harus ekstra hati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan tampilan kendaraannya. Salah satunya adalah dengan melakukan coating cat mobil agar tampilan eksterior kendaraan tetap terjaga, awet, dan tidak pudar," terang Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) sambil menambahkan, coating cat mobil ini dapat dilakukan di penyedia jasa layanan coating cat mobil terdekat.



Bisa begitu, karena menurut Hariadi, coating cat mobil dilakukan dengan menutup pori dan menambahkan lapisan pada cat mobil.


Selain itu, lapisan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya.


Dari sini, coating mobil memiliki banyak sekali manfaat untuk eksterior kendaraan, sebagai berikut:


Terhindar dari Timbulnya Waterspot

Penambahan lapisan cat atau coating cat mobil dapat menghindari datangnya waterspot atau biasa disebut jamur yang disebabkan oleh air hujan yang meresap ke dalam pori cat mobil.



Apabila coating cat mobil dilakukan, air hujan yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun dan tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan.


Melindungi munculnya goresan halus pada bodi mobil

Air hujan yang mengenai bodi mobil tidak hanya berpotensi menyebabkan timbulnya jamur, tetapi juga dapat menimbulkan goresan pada bodi mobil.


Goresan tersebut dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, misalnya seperti cipratan air hujan dari kendaraan lain yang seringkali bercampur dengan debu maupun kotoran berpartikel kecil dapat menempel pada bodi mobil dan jika bergesekan bisa berpotensi menimbulkan goresan halus.



Selain itu, terkadang hujan deras dapat mengakibatkan ranting pohon terjatuh dan mengenai bodi mobil yang sedang berjalan maupun terparkir sehingga memberikan bekas goresan pada bodi mobil.


Dengan memberikan perindungan menggunakan coating cat mobil, maka goresan-goresan halus tersebut dapat dihindari terlebih dahulu.


Mempertahankan keawetan cat mobil

Melakukan coating cat mobil juga menjadi salah satu metode perawatan yang bermanfaat untuk menjaga cat mobil tetap awet.


Penambahan lapisan khusus di permukaan cat mobil akan meresap ke dalam pori-pori cat mobil dan membentuk lapisan tipis yang akan menutup seluruh permukaan cat mobil.



Proses inilah yang membuat cat mobil menjadi lebih awet dan tidak cepat memudar. Hal ini dapat menjadi solusi agar warna cat asli pada mobil tidak kusam dan dapat mempertahankan warna aslinya.


Perawatan Mandiri Lainnya

Selain itu juga disarankan, setelah melakukan coating pada cat mobil, pemilik mobil juga tetap melakukan perawatan mandiri lainnya untuk menjaga cat mobil tetap awet. Berikut tipsnya:



  1. Usahakan untuk melakukan pencucian mobil apabila telah terkena air hujan. Jika tidak terkena air hujan, pengendara juga sebaiknya tetap melakukan pencucian mobil secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang menempel

  2. Perhatikan pula jenis cairan pembersih yang digunakan. Pastikan pengendara menggunakan shampo khusus mobil yang dibuat dengan bahan khusus untuk cat mobil

  3. Kemudian untuk mengeringkan eksterior yang basah gunakan lap dari bahan microfiber yang memiliki permukaan lembut dan daya serap tinggi

  4. Dan terakhir, perhatikan air yang digunakan untuk mencuci mobil. Hindari menggunakan air yang memiliki kadar besi yang tinggi karena akan merusak lapisan coating cat mobil


Teks dan Foto: Indramawan

Kommentare


bottom of page