• Editor

BMW X3 M Competition dan X4 M Competition: Kepraktisan SUV dan Performa Sports Car

Duo crossover BMW X3 M Competition dan X4 M Competition ini jadi tolak ukur kedinamisan berkendara, kelincahan, dan kepresisian di kelasnya.

OTOPLUS-ONLINE I Sejak diluncurkan 2020 lalu, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition menjadi tolak ukur kedinamisan berkendara, kelincahan, dan kepresisian di kelasnya.


Kamis, 7 Juli 2022 lalu BMW Indonesia dan BMW Eurokars menghadirkan generasi terbarunya yang dipasarkan dengan harga off the road Rp 2.117.000.000 untuk X3 M Competition, dan Rp 2.167.000.000 untuk X4 M Competition.


Sekarang mari kita review duo crossover BMW X3 M Competition dan X4 M Competition yang menggabungkan kepraktisan SUV, namun dengan performa sports car.


Mesin putaran tinggi dengan keunggulan di sirkuit

Mesin X3M Competition mampu membangkitkan tenaga puncak 510 dk dan torsi hingga 650 Nm


Mesin 6 silinder inline di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan forged crankshaft. Crankshaft atau kruk as ini lebih ringan namun juga lebih kuat dibandingkan kruk as di mesin BMW M3 dan M4.


Forged crankshaft dihasilkan dari proses penempaan bertekanan tinggi. Desainnya yang sangat tahan torsi memungkinkan transmisi torsi yang sangat tinggi, sementara bobotnya yang rendah dan massa putar yang berkurang juga menguntungkan tenaga putaran mesin.


Baca juga: New BMW X3 M Competition dan X4 M Competition, Seperti Apa Gambaran Performanya?


Sistem pendingin mesin 6 silinder inline yang telah terbukti, dirancang untuk menghasilkan tingkat output yang sangat tinggi dan mencakup dua radiator yang diposisikan secara lateral selain radiator tengah. Ada juga pendingin oli mesin tambahan dan pendingin oli transmisi terpisah.


Keahlian balap BMW M GmbH juga terlihat dalam desain sistem pasokan oli, yang diarahkan untuk pengoperasian trek balap yang dinamis. Wadah oli engine yang dioptimalkan untuk bobot memiliki dua ruang terpisah dan saluran serap terintegrasi. Tahap serap tambahan memungkinkan pompa oli yang dikendalikan peta untuk mengalirkan pelumas dari wadah oli yang lebih kecil, yang berfungsi sebagai penyangga volume. Dengan cara ini, pasokan oli yang andal dijamin setiap saat, bahkan selama akselerasi longitudinal dan lateral yang ekstrem.


Baca juga: Berakselerasi 0-100 Kpj dalam 4,8 Detik Bersama BMW X3M Competition


BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition catatkan output sebesar 510 hp. Mesin enam silinder inline yang baru tingkatkan torsi puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang semula 600 Nm menjadi 650 Nm.

Mesin X4M Competition, sanggup berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik


Kedua model Competition ini sanggup melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya. Dengan ini kemampuan mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition telah setara dengan sports car. Kecepatan puncak kedua model adalah 250 km/jam yang dibatasi secara elektronik.


Knalpot BMW M sport dan transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan

Keduanya dibekali transmisi Steptronic M 8 percepatan dengan Drivelogic


Sistem knalpot sport BMW M standar di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition menyuguhkan sensasi suara yang bahkan lebih dari sentuhan balap untuk pengalaman berkendara yang sangat emosional tetapi tetap mempertahankan kepraktisan sehari-hari.


Flap variabel tak terhingga pada sistem pembuangan M Sports memungkinkan produksi suara yang sangat bervariasi. Tenaga ditransmisikan ke roda belakang melalui transmisi Steptronic M 8 percepatan dengan Drivelogic.


Baca juga: Test Drive BMW M4 Coupe Competition: Sensasi Sports Car Bertenaga 510 HP


Selain perubahan gir sepenuhnya otomatis, ini juga memungkinkan pemindahan secara manual yang diakukan lewat gear selector M baru di konsol tengah atau paddle shift di lingkar kemudi.


Dalam mode manual, beberapa perpindahan gir ke bawah dapat dilakukan ke gir serendah mungkin sehingga dapat memanfaatkan torsi drag engine untuk tujuan pengereman. Saat berakselerasi, tidak mungkin terjadi perpindahan gir paksa yang dipicu bahkan saat mesin dihidupkan


Distribusi daya sempurna: BMW M xDrive, Active M Differential

Sistem All Wheel Drive M xDrive terbaru menjamin traksi, kelincahan dan stabilitas yang optimal


Mesin performa tinggi yang baru ini bekerja sama dengan transmisi Steptronic M delapan- percepatan dengan Drivelogic dan menggunakan sistem all-wheel-drive M xDrive baru.


Sistem M xDrive memiliki bias roda belakang dan menawarkan pengemudi BMW X3 M dan BMW X4 M dua mode mengemudi, RWD (Rear Wheel Drive) atau AWD (All Wheel Drive).


Baca juga: The All New BMW 320i Sport Memang Fun Banget Naikannya!


Interaksi yang dikendalikan secara terpusat antara M xDrive dan Active M Differential di gandar belakang memungkinkan sistem all-wheel-drive tersebut untuk membagi tenaga dari mesin antara keempat roda sesuai kebutuhan sehingga menghasilkan traksi, kelincahan dan stabilitas arah yang optimal.


Teknologi sasis khusus BMW M ciptakan dinamika luar biasa

Rem depan cakram ventilasi 395 mm yang dikawal kaliper 4 piston


Kombinasi dinamika dan presisi yang sudah menjadi ciri khas mobil BMW M didukung oleh elemen-elemen penguat bodi model-spesifik serta teknologi sasis canggih yang disetel secara cerdas untuk memanfaatkan tenaga mesin.


Dengan tiga pengaturan yang dapat dipilih dengan satu sentuhan tombol, damper yang dikontrol secara elektronik yang khusus untuk suspensi M memungkinkan kenyamanan sehari-hari yang sangat baik dan kontak yang sangat dekat dengan jalan, dengan gerakan roda dan bodi yang rendah.


Baca juga: Berburu Jalur Bersepeda Bersama The New BMW X1 sDrive 18i xLine


Kinematika dan elastokinematika spesifik dikembangkan khusus untuk M Suspension yang ada di kendaraan ini - dengan axle depan menggunakan double-joint spring strut dan axle belakang menggunakan suspensi five-link menghadirkan kendali roda yang presisi dan stabilitas arah yang tepat.


Kendaraan ini juga dibangun untuk dikendalikan pada batas maksimalnya melalui sistem kontrol presisi melalui BMW M-specific steering (dengan M Servotronic dan variable-ratio) dan rem BMW M compound brakes yang kuat dengan ukuran 395 mm 4 piston di depan dan 370 mm single piston di belakang sehingga mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar +/- 6,5 kg.


Baca juga: Driving Impression BMW X5 xDrive40i xLine (Bagian 3-Habis): Oke Di Aspal dan Tanah


Sistem kontrol suspensi dan mode-mode berkendara BMW M xDrive, karakteristik mesin dan transmisi serta set-up steering dapat diatur dengan satu sentuhan tombol.


Sistem DSC (Dynamic Stability Control) memungkinkan putaran selip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan juga dapat dimatikan. Plus, konten yang ditampilkan di Head-Up Display dapat ditentukan melalui menu iDrive.


Pengemudi dapat menyimpan dua opsi pengaturan keseluruhan - dikonfigurasikan sesuai keinginan dari parameter di atas - di menu iDrive dan memilihnya jika diperlukan, dengan menggunakan dua tombol M (M1& M2) pada roda kemudi.


BMW kidney grille yang lebih besar dan bagian depan yang tampil lebih mencolok

Desain Kidney Grille dibuat lebih besar


BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini hadir dengan kidney grille yang diperbesar dengan kerangka one-piece dan lampu depan yang sekarang sekitar 10 mm lebih rata, sama seperti BMW X3 terbaru. iCam diposisikan pada bar hitam, mengesankan pemisahan visual dari kidney grille BMW dalam warna hitam mengilap, selayaknya M double kidney bars yang khas.

Headlight berteknologi laser memiliki jangkauan pencahayaan hingga 650 meter


Radiator grille juga dilengkapi logo khusus spesifik model: X3 M atau X4 M. Selain lampu depan LED adaptif standar dengan fungsi Matrix, BMW Laser Light dengan jangkauan hingga 650 meter kini juga tersedia sebagai tambahan opsional.


BMW M GmbH telah merancang front apron khusus M menjadi lebih ekspresif. Salah satu fitur yang sangat mencolok adalah air intake samping yang baru, diatur secara vertikal dan memanjang: miring ke bawah menuju spoiler di tikungan ke arah tengah kendaraan, di mana mereka mengikuti bentuk heksagonal dari central air intake.


Baca juga: BMW i3s Tak Hanya Praktis dan Efisien Khas Mobil Listrik, Tapi Juga Mewah


Dibingkai oleh elemen trim dalam warna high-gloss black, yang juga digunakan untuk mirror caps M yang dioptimalkan secara aerodinamis dan M gills yang khas yang terintegrasi dalam ventilasi udara, serta spoiler belakang pada BMW X4 M Competition.


Rear apron yang khas dalam desain baru dan lapisan cat baru

Apron belakang baru BMW X4 M Competition menampilkan sisipan offset yang lebar dalam bentuk landasan


BMW X3 M Competition memiliki lampu belakang LED seperti BMW X3 yang diperbarui dengan surround hitam dan grafik iluminasi yang lebih sempit. Bagian bawah apron belakang adalah khusus M dan dalam balutan warna black high gloss.

Lampu belakang LED seperti BMW X3 yang diperbarui dengan surround hitam dan grafik iluminasi yang lebih sempit


Diffuser besar diapit di kanan dan kiri oleh sepasang knalpot dari sistem knalpot sport M, finishing krom hitam. Apron belakang baru BMW X4 M Competition menampilkan sisipan offset yang lebar dalam bentuk landasan. Seperti panel udara‑tirai‑lateral, yang juga mengakomodasi reflektor vertikal sekarang, finishing black high gloss juga, memastikan kesan keseluruhan yang sangat kuat.

Buritan X3M Competition menggami diffuser besar diapit di kanan dan kiri oleh sepasang knalpot dari sistem knalpot sport M, finishing krom hitam


Dua pasang tailpipes di krom hitam juga membingkai diffuser pada BMW X4 M Competition. Selain M Carbon Black metallic dan M Brooklyn Grey metallic, ada dua cat baru yang dihadirkan khusus untuk model M Competition seri X3 dan X4, yaitu M Marina Bay Blue metallic dan M Sao Paulo Yellow.


Interior khas M dengan aksen baru

BMW M Leather Steering Wheel di X3M Competition


BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition hadirkan sport seats dengan sandaran kepala yang dapat diatur secara elektrik dan logo M yang menyala sebagai standar.

Setir X4M, seperti X3M, lingkar kemudinya memiliki fitur multifungsi


Pelapis Merino Leather yang diperluas dalam empat kombinasi warna. Ventilasi udara memiliki trim galvanis baru, trim interior sekarang diberikan finishing dalam aluminium Rhombicle gelap sebagai standar. Setir kemudi kulit M dengan fitur multifungsi jahitan kontras dalam warna BMW M.


Penyegaran pada elemen desain BMW M khas untuk eksterior dan interior

Ada dua cat baru yang dihadirkan khusus untuk model M Competition seri X3 dan X4, yaitu M Marina Bay Blue metallic dan M Sao Paulo Yellow


Fitur desain eksterior khusus BMW M Competition Package, M roof rails high-gloss Shadow Line, dan M Extended high-gloss Shadow Line optimalkan kesan sporty untuk BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.


Di dalam kendaraan, jok sports yang dapat disetel secara elektrik, dibalut oleh Extended Merino leather, kokpit khusus BMW M, M Interior trim finishers 'Carbon Fibre', BMW M leather steering wheel, dan gearshift BMW M menciptakan suasana sporty dan mewah.


Baca juga: BMW i8 Roadster: Komparasi Mobil Listrik Hibrida dan Mobil Listrik Murni


BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition masih membawa aksen eksklusif lebih lanjut ke eksterior dalam bentuk High-gloss Black untuk kidney grille surround BMW, mirror caps khas, gills BMW M, dan spoiler belakang di Sports Activity Coupé.


Peralatan standar seperti pelek juga mendapatkan penyegaran pelek ringan BMW M 21 inci M forged light alloy wheels Double-spoke style 892 M Bicolour, Jet Black, burnished, penggunaan ban ini memangkas bobot sebesar 2 kg per roda.


Aura interior diperkuat lagi oleh jok BMW M Sport dengan pelapis leather Merino, sill pintu model-spesifik, dan papan khusus M di konsol tengah – bukan spesifik model lagi.


Jok BMW M Sport: sempurna untuk menikmati pengalaman berkendara luar biasa

Jok sports yang dapat disetel secara elektrik


Hadir sebagai standar dalam BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition adalah seat cushion dan sandaran samping dengan desain khusus M. Dengan ini, jok memiliki karakter bucket-seat yang khas, sehingga mengoptimalkan dukungan lateral saat menikung tajam.


Rentang fungsi penyesuaian yang diperluas menyediakan posisi tempat duduk yang sempurna dan kenyamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Jok ini dilapis bahan kulit Merino


Penyesuaian manual untuk panjangnya bantal jok serta penyetelan untuk penyangga lumbar pneumatik juga tersedia di samping fungsi jok sports. Pengekangan kepala semi-terintegrasi dapat diatur secara elektris ketinggiannya dan membuat pernyataan visual yang unik dengan logo M yang menyala.


BMW Live Cockpit Professional dengan jaringan cerdas

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan BMW Live Cockpit Professional sebagai standar. Jaringan cerdas termasuk layanan digital inovatif berdasarkan BMW Operating System 7 seperti BMW Intelligent Personal Assistant yang memungkinkan interaksi intens antara pengemudi dan kendaraan.


Control Display 12,3 inci yang kini dipasang sebagai standar. Tampilan antar-muka baru, pengendalian dengan suara (Voice Command) dan gerakan tangan (Gesture Control) membantu pengendara dalam mengoperasikan fungsi kendaraan.


Tampilan instrumen sepenuhnya digital menawarkan, antara lain, M View dengan tampilan khusus yang diadopsi dari model BMW M8.


BMW Operating System 7 ditambahkan ke spesifikasi standar, membuka banyak potensi untuk aplikasi baru serta opsi konektivitas yang lebih seamless seperti wireless Apple CarPlay dan Android Auto.


Desain kokpit BMW M-style, interior versatil

Interiornya tampak sangat terfokus pada pengalaman berkendara yang sporty, tapi versatilitas yang diasosiasikan dengan semua model BMW X tetap dipertahankan


BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition hadir sebagai standar dengan jok M Sport dengan pelapis leather Merino yang dapat dipilih dalam varian Black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange.


Semua model dilengkapi dengan bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar. Desain kokpit BMW M-style yang istimewa juga terdiri dari kluster instrumen khusus BMW M, kemudi leather BMW M, dan tuas selektor BMW M dengan gaya baru, membuat keseluruhan kontrol kendaraan difokuskan pada konsol tengah dan juga layer.


Baca juga: BMW M2 Competition Hadir di Indonesia, Tapi Waktu Inden Lamaaa...


BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition membawa sentuhan eksklusif lebih lanjut ke interior dengan jok M Sport bucket-style serta papan M di konsol tengah. Walaupun interiornya tampak sangat terfokus pada pengalaman berkendara yang sporty, tapi versatilitas yang diasosiasikan dengan semua model BMW X tetap dipertahankan.


Kedua model hadir sebagai standar dengan sandaran punggung bagian belakang pisah-lipat 40: 20: 40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M dan 1.430 liter di BMW X4 M.


Aura sports luar biasa, kenyamanan yang disesuaikan untuk setiap individu

Suasana interior sporty dan mewah BMW X3 M dan BMW X4 M Competition dapat ditingkatkan dengan berbagai tambahan opsional untuk memberikan kenyamanan dan individualitas yang lebih besar.


Kontrol iklim otomatis tiga zona standar dan fungsionalitas opsi Comfort Access mencakup pembukaan dan penutupan tailgate bebas-tangan. Operasi tailgate otomatis tersebut dengan satu sentuhan tombol adalah standar untuk BMW X3 M dan BMW X4 M Competition.


Baca juga: Komparasi Tiga Jagoan SUV Coupe Eropa: Mana Paling Menggoda?


Penambahan fitur teknologi terbaru untuk BMW X3 M dan BMW X4M meliputi Remote Engine Start, 8-speed M Steptronic, gearshift paddle switches on the steering wheel, M sport exhaust system, M Compound brake, black high-gloss, M sport differential, M suspension, M Servotronic, M carbon precision strut.


Di antara opsi lain yang menawarkan tingkat kenyamanan luar biasa adalah atap kaca panoramic, jendela yang dilengkapi roller sunblind dan juga sun protection glazing. BMW X3 M dan BMW X4 M hadir sebagai standar dengan lampu depan LED Adaptif dengan distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.


Penerangan interior atmosferik disediakan oleh pencahayaan ambient standar, yang menawarkan enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: BMW Indonesia